Diskominfo Pariaman sosialisasikan terkait data ke seluruh OPD

id Diskominfo Pariaman

Diskominfo Pariaman sosialisasikan terkait data ke seluruh OPD

Sekretaris Diskominfo Kota Pariaman, Sumbar Riky Falantino membuka Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data di Pariaman, Kamis. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman, Sumatera Barat menyosialisasikan Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan di daerah itu.

"Membangun data itu sangat mahal, tetapi membangun tanpa data jauh lebih mahal, karena itu pentingnya data yang akurat dalam setiap pengambilan keputusan," kata Sekretaris Diskominfo Pariaman Riky Falantino saat membuka sosialisasi tersebut di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan data memiliki peranan penting untuk proses kegiatan pembangunan dan pemerintahan. Bahkan, lanjutnya data juga berperan untuk perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi serta berkualitas atau tidaknya proses perencanaan tersebut tergantung pada ketersediaan data yang berkualitas.

Menurutnya data yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan hal yang penting untuk menjadi dasar penentuan kebijakan pemerintah yang efektif dan tepat sasaran.

Hal itu, lanjutnya sesuai dengan Perpres No 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI) yang mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah Wali Kota Pariaman tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman Yuliandri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pariaman Syukri.

Sedangkan sebagai narasumber yaitu BPS Provinsi Sumatera Barat serta Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kota Pariaman Devi Hariandi.