142 WBP Rutan Kelas IIB Padang Panjang terima Remisi khusus Idul Fitri

id Kelas IIB Padang Panjang,Berita padang panjang,Berita sumbar

142 WBP Rutan Kelas IIB Padang Panjang terima Remisi khusus Idul Fitri

Karutan Kls IIB Padang Panjang, Auliya Fahmi, serahkan remisi khusus idulfitri bagi 149 warga binaan. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - 142 dari 189 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang Panjang Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, terima remisi khusus Idul Fitri 1445 Hijriyah, Rabu (10/4).

Kepala Rutan Kelas IIB Padang Panjang, Auliya Zulfahmi, mengatakan, pemberian remisi merupakan bentuk penghargaan negara kepada WBP yang selalu berusaha berbuat baik, memperbaiki diri dan menjadi masyarakat yang berguna.

"Kami berharap remisi yang diberikan dapat memotivasi warga binaan untuk terus memperbaiki diri dan menghindari perbuatan yang melanggar hukum," kata dia.

Fahmi, menjelaskan sebanyak 142 WBP beragama Islam ini menerima remisi khusus I atau harus menjalani sisa pidana setelah mendapat pengurangan masa pidana sebagian.

“Besaran pengurangan masa pidana diantaranya 15 hari untuk 51 orang, 1 bulan 83 orang, 1 bulan 15 hari 7 orang, 2 bulan 1 orang,” jela dia.

Fahmi berharap WBP agar berperan aktif mengikuti segala bentuk program pembinaan dan menjadi insan yang taat hukum, berakhlak mulia, berbudi luhur serta berguna bagi pembangunan bangsa," katanya..

Menurut dia, masa pidana yang dijalani merupakan kesempatan untuk terus introspeksi diri dan sarana untuk mengasah kemampuan spiritual dan intelektual agar menjadi bekal saat warga binaan bebas dari Lapas, Rutan, atau LPKA.

“Pemberian remisi merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat reintegrasi sosial WBP. Seperti sudah ditegaskan Bapak Menteri, WBP tidak perlu khawatir untuk mendapatkan hak-haknya sepanjang memenuhi syarat yang telah ditentukan," kata Fahmi usai membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly.

Pada kesempatan tersebut Karutan menyampaikan atas nama pimpinan dan seluruh jajaran mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin dan selamat menikmati waktu bersama keluarga dan menjalin silaturahmi di lingkungan masyarakat.