Polres Agam fokus amankan Kelok 44 selama mudik Idul Fitri

id Polres Agam,Berita agam,Berita sumbar,Mudik agam

Polres Agam fokus amankan Kelok 44 selama mudik Idul Fitri

Kasat Lantas Polres Agam Iptu Pifzen Finot memantau kendaraan arus mudik di Panta, Kecamatan Matur, Jumat (5/4). Dok HO/Sat Lantas Polres Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat fokus mengamankan ruas jalan Kelok 44 selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriyah, karena jalan provinsi menghubungkan Lubuk Basung menuju Kota Bukittinggi itu rawan macet, pohon tumbang dan tanah longsor.

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat melalui Kasat Lantas Polres Agam Iptu Pifzen Finot di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan pengamanan itu dengan mendirikan dua pos pelayanan di Kelok 1 dan Kelok 32.

"Setiap pos pelayanan dikerahkan tujuh orang personel Polres Agam, ditambah Dishub Agam, Satpol PP, BPBD, Dinkes Agam dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan pos pelayanan Kelok 1 membantu pengamanan mulai dari Kelok 1 sampai Kelok 19 dan pos pelayanan Kelok 32 mulai dari Kelok 20 sampai Kelok 44.

Personel tersebut bakal mengatur lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di Kelok 44 saat adanya kendaraan yang mogok, pohon tumbang dan tanah longsor.

Ini mengingat bahwa ruas jalan Kelok 44 tersebut rawan macet, karena jalan cukup kecil, banyak tikungan, rawan pohon tumbang dan tanah longsor.

"Pemkab Agam menyediakan satu alat berat di kantor Camat Matur untuk membersihkan material tanah longsor, sehingga arus lalu lintas kembali normal," katanya.

Ia menambahkan Polres Agam juga fokus untuk pengamanan arus lalu lintas di Panta, Kecamatan Matur, karena diberlakukan satu arah.

Pemberlakuan satu arah itu dimulai 7-9 April 2024, pengguna jalan dari Lubuk Basung menuju Kota Bukittinggi melewati Panta via Ngarai.

Setelah itu pemberlakuan satu arah pada 11-12 April 2024, pengguna jalan dari Matur ke Bukittinggi melewati Simpang Panta, Sungai Landia, Kecamatan Ampek Koto dan Padang Lua.

"Untuk kendaraan roda enam keatas diperkirakan sampai selesai pemberlakuan satu arah," katanya.