Pemkot Pariaman siapkan rekayasa lalu lintas sambut libur lebaran

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,rekayasa lalu lintas pariaman

Pemkot Pariaman siapkan rekayasa lalu lintas sambut libur lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Sumbar Afwandi. Antara/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat sedang menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan kendaraan selama Libur Lebaran 2024 di daerah itu.

"Setiap liburan lebaran dalam dua tahun ini kami menerapkan 'one way' (satu jalur) kendaraan di jalur yang berpotensi terjadi kemacetan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan di jalur menuju objek wisata khususnya Pantai Gandoriah tersebut dinilai telah efektif untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang terjadi selama liburan lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya kembali menyiapkan jalur tersebut untuk diterapkan sistem satu jalur guna mengantisipasi kemacetan dan memberikan rasa nyaman kepada wisatawan.

Ia menyebutkan adapun jalur tersebut yaitu diantaranya dari arah Simpang Tugu Tabuik mulai dari Simpang Ahmadin menuju Stasiun Kereta Api Pariaman, dan seterusnya ke Simpang Lohong.

Sedangkan dari arah Kota Padang via Ulakan, Padang Pariaman kendaraan diarahkan dari Simpang Lohong, menuju Desa Kampung Baru lalu diarahkan ke Simpang Kampuang Pondok.

Ia berharap dengan dengan adanya rekayasa lalu lintas tersebut maka pihaknya dapat meminimalisir kemacetan selama liburan lebaran di daerah itu sehingga memberikan rasa nyaman kepada wisatawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di daerah itu guna meminimalisir kemacetan karena lonjakan wisatawan ke sejumlah objek wisata selama libur Lebaran 2023.

"Tadi kami telah melaksanakan rapat dengan Polres Pariaman untuk membahas arus lalu lintas. Rapat nantinya akan dilanjutkan pada Jumat besok," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman.

Ia mengatakan untuk mengurai kemacetan pihaknya menerapkan sistem arus satu arah di sejumlah jalan yang berpotensi terjadi kepadatan kendaraan.