TP-PKK Agam lakukan gerakan tanam cabai serentak antisipasi kenaikan harga

id TP-PKK Agam,Berita agam,Beruta sumbar

TP-PKK Agam lakukan gerakan tanam cabai serentak antisipasi kenaikan harga

Pengurus TP-PKK Agam sedang menanam bibit cabai di halaman belakang rumah Dinas Bupati Agam, Senin (4/3). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan gerakan tanam cabai serentak dalam rangka untuk memotivasi Dasawisma menanam di perkarangan rumah, sehingga dapat mengatasi kenaikan harga di daerah itu.

Ketua Pokja III TP-PKK Agam Welli Santi di Lubuk Basung, Senin, mengatakan gerakan ini untuk memotivasi Dasawisma agar menanam bibit cabai di halaman rumahnya.

Anggota Dasawisma wajib untuk menanam cabai, walaupun 10 batang bibit cabai di perkarangan dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran harian, karena harga cabai cukup mahal.

"Cabai yang ditanam beberapa bulan kedepan sudah berbuah dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan harian," katanya.

Ia menambahkan gerakan tanam cabai serentak di seluruh Indonesia melalui zoom mulai dari pusat, provinsi, kabupaten dan kota dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 25 tahun pada 2024.

Gerakan tanam cabai serentak dihadiri pengurus TP-PKK Agam, Dasawisma, Dinas Pertanian Agam, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam dan lainnya.

"Moto dari gerakan itu bergerak bersama PKK, wujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju," katanya.

Ia mengakui bibit cabai ini disediakan TP-PKK Agam dan bantuan mitra kerja Dinas Pertanian Agam.

Dalam waktu dekat TP-PKK Agam juga menyerahkan bantuan bibit untuk Nagari atau Desa Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari sebanyak 500 bibit per Dasawisma.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Ketua TP-PKK Agam Ny Yenni Andri Warman.

"Nagari Sitalang kita siapkan untuk lomba 10 program pokok PKK pada tahun ini," katanya.