Ingkatkan pelayanan, Pemkot Padang Panjang kembangkan aplikasi retribusi sampah

id Pemkot Padang Panjang,berita padang panjang,berita sumbar

Ingkatkan pelayanan, Pemkot Padang Panjang kembangkan aplikasi retribusi sampah

Pj. Walikota Sonny. BP : aplikasi retribusi pelayanan sampah bermuara pada peningkatan kebersihan.

Padang Panjang (ANTARA) - Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, dalam waktu dekat terapkan aplikasi retribusi pelayanan sampah.

Penjabat (Pj) Walikota Sonny Budaya Putra, Rabu (28/2) di Balaikota mengatakan aplikasi retribusi pelayanan sampah tersebut masih dalam pengembangan dan tahap sosialisasi kepada masyarakat.

"Dengan aplikasi retribusi pelayanan sampah akan memberikan kemudahan bagi warga Kota Padang Panjang untuk pembayaran retribusinya. Pemerintah kota bersama OPD terkait secara bertahap akan memberikan sosialisasi dan menerapkan aplikasi ini secepatnya," kata Sonny.

Diakui Sonny, melalui retribusi sampah diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kebersihan yang maksimal di Kota Padang Panjang.

"Pemungutan retribusi pelayanan sampah, dialokasikan sebagai pemasukan daerah yang nantinya akan direalisasikan untuk optimalisasi pelayanan kebersihan di Kota Padang Panjang," jelas dia.

Sebelumnya Pemkot Padang Panjang bersama dinas terkait sudah membahas pengembangan aplikasi retribusi pelayanan sampah tersebut.

"Kita berharap ini segera ditindaklanjuti dan di sosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat. Secepatnya aplikasi ini kita terapkan agar masyarakat mudah dalam mengakses dan membayar retribusi ini," harap Sonny.

Untuk memberikan pemahaman dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, Kepala dinas Perkim LH Kota Padang Panjang Alvi Sena, menyebutkan pihaknya akan memberikan pemahaman terkait retribusi pelayanan persampahan ini.

"Kita akan interaksi secara langsung kepada warga, sehingga hal ini dapat tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran," kata dia.

Aplikasi retribusi pelayanan sampah di berbagai kota di Indonesia sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu. Dengan berbasis IT, masyarakat dapat dengan mudah membayarkan retribusinya, hal ini pula yang diharapkan Pemkot Padang Panjang dalam upaya meningkatkan pelayanan kebersihan di kota itu melalui retribusi sampah masyarakat.