PLN siapkan 191 posko siaga, demi sukseskan pesta demokrasi di Sumbar

id PLN, pemilu, pesta demokrasi

PLN siapkan 191 posko siaga, demi sukseskan pesta demokrasi di Sumbar

PLN UID Sumbar siapkan 191 posko siaga, demi sukseskan pesta demokrasi di Sumbar. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Sukseskan Pemilu Tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat secara rutin lakukan peninjauan lapangan untuk menjamin ketersediaan dan keandalan pasokan listrik di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat.

PLN UID Sumbar telah menyiapkan 191 posko selama masa siaga pemilu yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat dengan total 1.359 personil. Petugas akan standby di posko untuk memantau kondisi sistem kelistrikan, melakukan pencegahan dan penanggulangan apabila terjadi gangguan. General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menegaskan PLN secara intensif berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan pemerintah daerah untuk mengamankan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah hingga saat ini sistem kelistrikan di Provinsi Sumatera Barat aman terkendali, sistem kelistrikan berjalan lancar. Kami juga menyiapkan pasokan listrik berlapis di lokasi-lokasi vital dan tempat penting seperti Tempat Pemilihan Umum (TPU), Kantor KPU Provinsi Sumbar, Bawaslu, dll, untuk menyukseskan pemilu ini. Seluruh personel pada ratusan posko telah kita kerahkan di masing-masing lokasi perioritas baik itu di perkotaan, kabupaten. PLN akan pantau terus kondisi kelistrikan mulai dari persiapan, pencoblosan hingga perhitungan suara selesai,”Jelas Eric.

Eric menuturkan pihaknya sudah mengikuti apel serentak Siaga Kelistrikan Pemilu 2024 secara daring yang dipimpin Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo di Jakarta, sekaligus menginstruksikan kesiapan seluruh unit pelaksana dan unit layanan pelanggan untuk menyukseskan pemilu.

Saat ini PLN telah menyiagakan pasukan khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) untuk bekerja dalam keadaan tanpa padam serta didukung dengan penyediaan genset cadangan, mobil listrik, dan alat komunikasi di masing-masing posko untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pemadaman.

“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar dapat memberikan usaha dan kinerja terbaik dalam menyalurkan tenaga listrik, terutama di tengah cuaca yang kurang baik akhir-akhir ini. PLN berkomitmen untuk memberikan listrik andal dan petugas yang sigap mengatasi berbagai gangguan dilapangan. Bila ada keluhan atau pengaduan atau informasi kelistrikan apapun silahkan menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh di Playstore ataupun Appstore,” imbuh Eric.

Saat ini daya mampu pasokan listrik di Provinsi Sumatera Barat adalah sebesar 769,8 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 620,6 MW, sehingga terdapat cadangan 149,2 MW.

“Semoga pemilu ini berjalan dengan lancar dan demokratis. Pemilu adalah salah satu momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk memilih pemimpin yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan selanjutnya. Oleh karena itu, PLN bersama Pemerintah siap menyukseskan gelaran pesta demokrasi dengan listrik yang andal,” tutup Eric.