Pemkab Pasaman Barat harapkan penerbangan kembali ada di Bandara Pusako Anak Nagari

id Pemkab Pasaman Barat,Bandara Pusako Anak Nagar,Berita pasbar,Berita sumbar

Pemkab Pasaman Barat harapkan penerbangan kembali ada di Bandara Pusako Anak Nagari

Sejumlah pegawai Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat terlihat terus melakukan aktifitas meskipun penerbangan tidak ada. Pemkab setempat berharap kepada pemerintah pusat agar memberikan jadwal penerbangan di daerah itu. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengharapkan Kementerian Perhubungan dapat memberikan jadwal penerbangan kepada Bandara Pusako Anak Nagari di daerah itu karena sangat penting untuk mitigasi bencana dan mempermudah akses menuju daerah itu.

"Sudah dua tahun penerbangan tidak ada. Terakhir tahun 2021 lalu. Tentu kita berharap jadwal penerbangan kembali ada di Bandara Pusako Anak Nagari," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakaruddin didampingi Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan pada 2023 lalu pihaknya telah mengusulkan jadwal penerbangan kepada Kementerian Perhubungan melalui Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA) Dabo Singkep Kepulauan Riau saat rapat koordinasi angkutan perintis.

Saat itu, katanya, direncanakan ada evaluasi tahun perjalanan 2023 dan akan diupayakan ada jadwal penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari.

"Evaluasi tidak jadi dan dijanjikan pada 2024. Namun penerbangan juga tidak ada. Saat ini kita berharap ada hendaknya evaluasi dan memperoleh jadwal penerbangan dari Kemenhub," harap Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra.

Pihaknya akan terus memantau dan mengusulkan jadwal penerbangan supaya ada di Bandara Pusako Anak Nagari tahun 2024 ini.

Ia menyebutkan meskipun tidak ada penerbangan, aktifitas Bandara Pusako Anak Nagari tetap aktif

"Pegawai bandara tetap aktif masuk kantor, melengkapi register dan pengawasan dari otoritas wilayah sebagai regulator Kemenhub terus berjalan," katanya.

Ia menyebutkan keberadaan Bandara Pusako Anak Nagari bisa menjadi penyangga dari Bandara Internasional Minangkabau.

Apalagi jika terjadi bencana besar sehingga keberadaan bandara sangat penting.

Menurutnya khusus Pasaman Barat dan Sumatera Barat umumnya merupakan daerah yang rawan bencana alam. Baik banjir, longsor maupun gempa bumi.

Untuk itu perlu disiapkan sarana mitigasi bencana yang salah satunya adalah keberadaan bandara. Sehingga perlu disiapkan sarana prasarana sejak awal.

"Kami berharap kepada pemerintah pusat agar memberikan jadwal penerbangan tahun ini," harapnya.***1***