Kota Payakumbuh jadi kota terbaik di Sumbar dalam penyelenggaraan pemerintah daerah

id Pemkot) Payakumbuh,Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman,EPPD

Kota Payakumbuh jadi kota terbaik di Sumbar dalam penyelenggaraan pemerintah daerah

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat menjadi kota terbaik di provinsi tersebut dalam hal penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota pada tahun 2022.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman mengatakan sesuai hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD), Pemerintah Kota Payakumbuh berhasil meraih skor 3,3922 atau dengan status sedang.

"Alhamdulillah dengan skor tersebut, Kota Payakumbuh menjadi yang terbaik diantara pemerintah Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat dan berada di peringkat 20 antar pemerintah Kota secara nasional," katanya.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.7.6646 tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional Tahun 2023 berdasarkan laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota pada tahun 2022.

Hasil EPPD kaki ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya, yang mana Kota Payakumbuh hanya mendapatkan skor 2,66 dan yang terbaik ke dua antara Pemerintah Kota se Sumatera Barat.

Ia mengatakan EPPD ini menjadi penilaian penting atas keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah secara keseluruhan dan pelaksanaan urusan pemerintahan di tingkat daerah.

"Untuk itu saya sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh yang selama ini telah memberikan kinerja yang terbaik," ujarnya.

Jasman berharap hasil EPPD ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh pihak untuk terus meningkatkan kinerja sehingga dapat mencapai target-target yang telah ditentukan.

"Kita tidak dapat berpuas diri dengan apa yang telah kita capai. Kita harus terus meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Payakumbuh," ungkapnya.

Selain itu, Jasman juga mendorong seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk terus melakukan inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.