Sumbar beri ruang generasi muda sumbang ide untuk RPJPD 2025-2045

id RPJPD Sumbar 2025-2045,Mahyeldi,Sumbar

Sumbar beri ruang generasi muda sumbang ide untuk RPJPD 2025-2045

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberikan ruang pada generasi muda dan unsur masyarakat lainnya untuk berkontribusi dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

“Kita membutuhkan peran aktif dari generasi muda dan masyarakat menyampaikan ide bermanfaat untuk diadopsi dalam RPJPD 2025-2045," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Jumat.

Ia mengatakan Sumbar memiliki banyak potensi yang masih bisa digarap lebih maksimal, namun mungkin luput dari perhatian. Dengan adanya ide dan masukan dari generasi muda dan unsur masyarakat, potensi itu bisa dimasukkan dalam RPJPD.

“Beberapa catatan yang perlu kita pahami adalah indeks pembangunan masyarakat (IPM) Sumbar saat ini berada pada peringkat tujuh nasional, dan setiap tahun relatif berada di atas rata-rata nasional. Terkait kekuatan fiskal, kita peringkat menengah secara nasional dengan pendapatan asli daerah hampir sebanding dengan dana transfer dari pusat,” katanya.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Sumbar perlu memperhatikan potensi-potensi utama daerah, seperti potensi sektor pariwisata, energi baru terbarukan (RBT), hingga hilirisasi di sektor pertanian.

Selain itu, juga sangat penting terus menyelaraskan RPJPD Sumbar dengan RPJP Nasional, yang mengusung visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar Medi Iswandi mengatakan pihaknya telah menggelar beberapa kali diskusi grup terpumpun (DGT/FGD) dalam rangka persiapan awal penyusunan RPJPD Sumbar 2025-2045.

Setiap DGT tersebut, selalu menghadirkan para tokoh dan pakar pembangunan, termasuk unsur masyarakat lainnya yang memberikan masukan sangat berarti bagi Sumbar ke depan.

“Penyusunan RPJPD ini berkaitan dengan pencapaian mimpi dan harapan masyarakat Sumbar. Pekerjaan ini tentu tidak mudah, sebab banyak mimpi dan cita-cita yang perlu diwujudkan, dimana semuanya akan sampai pada kesimpulan harapan yang sama, yaitu Sumbar yang lebih baik, maju secara signifikan, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar beri ruang generasi muda sumbang ide untuk RPJPD 2025-2045