Gubernur: Keluarga sakinah awal bangsa yang maju

id Keluarga sakinah, mahyeldi

Gubernur: Keluarga sakinah awal bangsa yang maju

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan nasihat pernikahan bagi penganten di Kabupaten Solok. (ANTARA/Miko Elfisha)

Arosuka (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menilai suatu bangsa yang maju dan kuat dimulai dari keluarga yang sakinah karena menghadirkan generasi andal untuk menunjang pembangunan nasional.

"Karena itu, Pemprov Sumbar memiliki kepentingan untuk menghadirkan keluarga yang sakinah ini. Kita butuh SDM andal untuk menunjang pembangunan," katanya di Solok, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu saat memberikan nasihat pernikahan bagi pengantin Ananda dan Firman di Jorong Koto Baru Tambak, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok.

Ia mengatakan bahwa menghadirkan generasi dengan SDM unggul merupakan salah satu fokus pembangunan daerah, antara lain dengan memperbaiki kualitas lembaga pendidikan, baik secara fisik maupun SDM tenaga pendidik.

Hal itu, katanya, ditunjang pula dengan dana yang cukup besar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar pada 2024.

"Kita mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 triliun atau setara 36,72 persen dari APBD Sumbar 2024 untuk sektor pendidikan. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam hal pendidikan ini," ujarnya.

Ia menyebut pada 2024 mulai digalakkan kembali pendidikan karakter berbasis budaya Minangkabau.

Menurut dia, kearifan lokal dalam nilai-nilai budaya itu bisa memberikan dampak positif bagi siswa.

Namun, kata dia, sebelum memasuki lembaga pendidikan, generasi andal mulai dibentuk di tingkat keluarga. Pendidikan pertama juga dimulai di rumah tangga oleh orang tua.

"Karena itu penting untuk bisa menciptakan keluarga yang sakinah agar pembentukan generasi handal bisa terwujud," katanya.

Ia menyebut keluarga yang sakinah memiliki peluang lebih besar untuk memberikan pendidikan yang baik kepada anak.

Sebaliknya, katanya, keluarga yang berantakan bisa mengurangi peluang anak untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Dengan strategis peran dan fungsi keluarga itu, ia mengajak semua pihak, terutama para penganten baru, untuk bisa menciptakan keluarga yang sakinah.

"Berikan semua yang terbaik untuk keluarga," katanya.

Wakil Gubernur Sumbar yang juga menjadi saksi nikah di tempat yang sama, Audy Joinaldy, menyampaikan komunikasi dan saling memahami menjadi salah satu kunci untuk membina keluarga yang sakinah.