DPRD Sumbar jadi tujuan kunjungan bertukar informasi

id DPRD Sumbar

DPRD Sumbar jadi tujuan kunjungan bertukar informasi

DPRD Sumbar menerima kunjungan kerja DPRD Pasaman Barat dan DPRD Sijunjung. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Memiliki banyak inovasi dan prestasi menjadikan DPRD Sumbar sebagai tempat tujuan kunjungan untuk bertukar informasi oleh banyak DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan mengatakan kunjungan dua Komisi DPRD Sijunjung ke DPRD Sumbar dilaksanakan dalam rangka konsultasi dan koordinasi tentang implementasi pelaksanaan Perpres Nomor 53 tahun 2023, tentang perubahan Perpres Nomor 33 Tahun 2020 tentang standar harga satuan regional (pelaksanaan perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD.

"Kunjungan kami ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pengimplementasian Perpres Nomor 53 tahun 2023. Hasil diskusi hari ini akan kami jadikan sebagai suatu perbandingan untuk bisa diterapkan oleh DPRD Sijunjung," kata dia di Padang, Kamis.

Bambang mengatakan DPRD Kabupaten Sijunjung sendiri menjadikan DPRD Sumbar sebagai tujuan kunjungan karena pihaknya melihat DPRD Sumatera Barat adalah lembaga DPRD dengan banyak inovasi, kreasi, dan juga prestasi.

Salah satunya bisa dilihat dari sisi publikasi, sebaran publikasi kegiatan DPRD Sumbar berada pada rangking dua secara nasional dengan jumlah sebaran berita 15 ribuan lebih.

"Semoga dari kunjungan ini kita bisa membawa kebaikan-kebaikan untuk daerah dan masyarakat kita di Kabupaten Sijunjung. Berbagai prestasi yang dimiliki DPRD Sumbar hendaknya juga bisa menular kepada kita," ujar dia.

Adapun terkait kunjungan Komisi I DPRD Pasbar ke DPRD Sumbar, hal ini dilaksanakan dalam rangka konsultasi terkait pedoman dan tata cara pengawasan perizinan berusaha berbasis resiko sesuai Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 5 Tahun 2021.

"Informasi terkait ini sangat kami butuhkan di Pasaman Barat karena daerah kami termasuk daerah investasi, dan kami baru saja mengeluarkan peraturan daerah tentang kemudahan investasi," ujar Ketua Komisi I DPRD Pasman Barat, Rosdi.

Sementara itu Sekretaris DPRD Sumbar Raflis menyambut baik kedatangan rombongan kedua DPRD tersebut. Ia mengucapkan terima kasih telah berkunjung dan mencari masukan untuk kemajuan daerah masing-masing.

Ia berharap hasil diskusi hari itu dapat membantu DPRD Sijunjung dan Pasbar dalam memperbaiki kinerja. Terkait pengimplementasian Perpres Nomor 53 tahun 2023, Raflis mengatakan, DPRD Sumbar akan melaksanakan Januari sekarang.

"Kami berharap hasil sharing atau diskusi ini dapat menjadi masukan dan membantu DPRD Sijunjung dan DPRD Pasbar dalam menyusun kebijakan dan pengimplementasian regulasi yang ada," harap Raflis