Pelabuhan Teluk Bayur siap menerima sandar kapal pesiar kapan saja

id Pelindo 2,Teluk Bayur

Pelabuhan Teluk Bayur siap menerima sandar kapal pesiar kapan saja

GM Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Capt. Medi Kusmana didampingi Manager Komersil dan Kepatuhan Bisnis Hendri Adolf berbincang dengan Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Irwan. (ANTARA/Siri Antoni)

Padang (ANTARA) - Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat, yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 siap menerima sandar kapal pesiar kapan saja karena kedalaman laut yang mendukung.

"Pada April 2022 ada kapal pesiar dengan panjang 198 meter bisa merapat di Pelabuhan Teluk Bayur, dan tidak ada kendala. Berkaca dari hal ini, kami siap menerima kapal pesiar lain yang ingin sandar di pelabuhan," kata General Manager PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Capt. Medi Kusmana di Padang, Senin.

Ia mengatakan draf kapal (kedalaman lambung kapal) pesiar umumnya sekitar 10 meter. Sementara kedalaman dasar laut di Teluk Bayur mencapai 12 meter, bahkan ada yang kedalaman 13 meter sehingga kapan saja, pelabuhan siap untuk menerima kapal pesiar.

Ia menyebut saat ini kapal pesiar yang ingin sandar di Teluk Bayur tetap pada dermaga khusus seperti di dermaga peti kemas karena belum ada dermaga khusus untuk kapal pesiar.

Namun ke depan, tidak tertutup kemungkinan, kalau ada kepastian kapal pesiar terus berkunjung ke Teluk Bayur, maka Pelindo akan menyiapkan terminal khusus.

"Artinya tergantung pada demand itu sendiri," katanya.

Medi menyampaikan saat ini pihaknya telah merencanakan langkah untuk antisipasi pendangkalan guna memaksimalkan pelayanan bagi kapal-kapal yang akan sandar.

Antisipasi itu dengan melakukan pengerukan sedimentasi di alur merapatnya kapal, direncanakan pada awal tahun 2024.

Langkah itu, kata dia, melihat kondisi beberapa titik yang sudah lama tidak dilakukan pengerukan, meskipun saat ini belum mengganggu untuk kapal merapat.

"Ada beberapa titik yang kedalamannya tinggal 4,5 meter sehingga perlu pengerukan," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelabuhan Teluk Bayur siap menerima sandar kapal pesiar kapan saja