DPRD Sumbar dorong masyarakat ciptakan ruang kreatif bagi generasi muda

id Ketua DPRD Sumbar, Supardi

DPRD Sumbar dorong masyarakat ciptakan ruang kreatif bagi generasi muda

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi pada penutupan Festival Marching Band. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mendorong semua elemen masyarakat untuk menciptakan banyak ruang-ruang kreatif bagi generasi muda.

"Kehadiran pemerintah dalam membuka ruang-ruang kreatif bagi generasi muda merupakan hal yang penting guna menciptakan dan melahirkan generasi cerdas di masa mendatang," kata Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi pada penutupan Festival Marching Band tingkat junior dan senior Se-Sumatera Barat tahun 2023 di Gedung Olahraga Koto Nan Ompek Kota Payakumbuh.

Menurut Supardi, generasi hebat tidak akan lahir dengan sendirinya tanpa ada dukungan dan tindakan nyata serta fasilitas kegiatan yang mengembangkan segala potensi diri setiap para generasi muda tersebut.

Oleh karena itu, semakin makin banyak kegiatan dan program-program cerdas dalam pengembangan potensi generasi muda yang dilakukan, maka akan membuka harapan mencapai generasi emas Sumbar.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan sejak dahulu Sumatera Barat dikenal sebagai gudang orang-orang cerdas. Alam, budaya dan karakter Sumbar serta nilai-nilai filosofi ABS-SBK adalah jiwa yang tumbuh dan ada di setiap anak Minangkabau.

"Makanya aktivitas pembangunan di Sumatera Barat tidak boleh mengabaikan potensi besar sumber daya manusia. Generasi muda yang nantikan akan menghadapi tantangan, persaingan global yang semakin kompetitif," ujar dia.

Terkait Festival Marching Band, ia berpesan bagi para pemenang agar tidak jemawa. Sebab, mempertahankan kemenangan merupakan sesuatu tantangan yang besar dan berat.

"Sikap rendah hati dan terus berbuat yang terbaik agar menjadi kebaikan. Yang kalah jangan berkecil hati, kalah bukan berarti tamat, suatu saat Anda akan jadi juara, maka teruslah belajar memperbaiki diri menjadi yang terbaik," kata dia menyemangati.

Supardi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sumatera Barat, para pelatih, guru-guru, dan panitia yang telah berhasil menyelenggarakan Festival Marching Band Junior dan Senior se-Sumbar.

"Ini merupakan upaya hebat kita mewujudkan semangat kreativitas generasi muda Sumbar, mengembangkan talentanya ikut serta memajukan daerah," ujar Supardi.