Padang Panjang raih IGA Award kota Sangat Inovatif

id pemkot Padang Panjang,berita Padang Panjang,berita sumbar,Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra

Padang Panjang raih IGA Award kota Sangat Inovatif

Pj. Wako Sonny. BP bersama Asisten Deputi Bidang Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Molly Prabawati dan kepala daerah lainnya usai menerima IGA Award 2023.

Padang Panjang (ANTARA) - Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) kategori Kota Sangat Inovatif, yang diserahkan Asisten Deputi Bidang Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Molly Prabawati, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (12/12)..

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang menerima penghargaan tersebut menyebutkan, penghargaan ini menjadi bukti dari kinerja Pemko Padang Panjang khususnya semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melahirkan inovasi yang sangat bermanfaat bagi kinerja ASN dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Penghargaan ini, kita dapatkan berkat pencapaian Pemko menghadirkan berbagai inovasi dalam IGA yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, kepada jajaran OPD untuk tetap membuktikan diri dan tidak cepat berpuas diri. Jadikan momentum ini sebagai pemacu semangat dalam bekerja dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak dan lebih baik lagi dari ini,” kata Sonny.

Dengan diraihnya kembali IGA Award kategori Kota Sangat Inovatif, Sonny berharap jajaran di Pemkot Padang Panjang tidak lengah dan tidak berpuas diri, bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang.

Kepala Bappeda, Rusdianto, SIP, M.M yang mendampingi Pj. Wako menambahkan pada IGA 2023 Kota Padang Panjang melaporkan 55 inovasi melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri yang berasal dari OPD.

“Alhamdulillah kita bisa meraih kategori Kota Sangat Inovatif di IGA kali ini dengan 55 inovasi. Ini berkat dukungan dan pengawalan penuh dari Pj Wali Kota. Sehingga kami di jajaran OPD mampu menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan ASN di Kota Padang Panjang,” kata dia.

Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda, Januardi, S.S, M.Si menjelaskan, berdasarkan hasil penghitungan nilai aplikasi dan validasi akhir oleh tim penilai yang berasal dari unsur akademisi, praktisi, dan Kementerian, Padang Panjang mendapatkan hasil yang sangat baik.

“Ada beberapa inovasi unggulan yang dilaporkan pada IGA tahun ini, diantaranya, Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Paduko), Setelah Melangsungkan Akad, Semua Dokumen Langsung Dibawa (Selalu Samawa) dari Dinas Dukcapil. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (ASIG PBB) oleh BPKD, dan Library Edukasi Entertainment (Libdutainment) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” ungkap Januardi.

Selain itu kata Januardi, juga ada Smart Water Management System V.2 oleh Perumdam Tirta Serambi yang merupakan inovasi unggulan 2021 yang telah dikembangkan dan disempurnakan, Siramah (Sistem Informasi Antar Obat Sampai Rumah) RSUD dan Bapak Ibu Asuh Anak Stunting (Basunting) oleh Dinsos PPKBPPPA.