Komisi IV DPRD gencarkan sosialisasi penanggulangan bencana

id dprd

Padang (ANTARA) - Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat Suharjono terus gencar menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2023 tentang penanggulangan bencana.

Sosialisasi perda penanggulangan bencana tersebut disosialisasikan Suharjono di Jorong II Pasar Rao, Nagari Taruang-taruang Utara, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman.

"Sumatera Barat terdiri dari wilayah darat, perbukitan, pegunungan, dan pantai serta pulau-pulau kecil sehingga menyebabkan daerah itu rawan terhadap bencana," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat Suharjono melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Senin.

Memahami potensi bencana ini, pemerintah daerah tengah mengupayakan pencegahan dan mitigasi. Untuk mengurangi atau memperkecil dampak kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana dengan lahirnya Perda Nomor 4 Tahun 2023 tentang penanggulangan bencana.

"Perda ini adalah salah satu langkah pencegahan bencana melalui mitigasi. Diterbitkannya perda ini menunjukkan keseriuaan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana," kata Suharjono.

Seperti hari-hari sebelumnya, kegiatan sosialisasi tersebut disambut antusias warga sekitar. Setiap masyarakat diberi kesempatan untuk bertanya dan memberi masukan terkait perda tersebut.

Salah seorang warga setempat merasa lega dengan lahirnya Perda Nomor 4 Tahun 2023 itu. Ia menyampaikan dengan adanya perda tersebut segala bentuk kerugian dan kerusakan dapat diminimalkan jika suatu saat terjadi bencana.

"Kami sangat mengapresiasi dengan lahirnya Perda Nomor 4 Tahun 2023 ini. Mewakili masyarakat Pasaman, saya ucapkan terima kasih kepada pak Suharjono yang telah berkenan mensosialisasikan Perda tersebut," ujarnya.