Wakil Ketua DPRD Agam prioritaskan dana Pokir Rp1,26 miliar bangun infrastruktur

id DPRD Agam,Berita agam,Berita sumbar

Wakil Ketua DPRD Agam prioritaskan dana Pokir Rp1,26 miliar bangun infrastruktur

Wakil Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra sedang meninjau jalan di Simpang Tapai Kampung Darek, Jumat (1/12). Dok Humas DPRD Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam, Sumatra Barat Marga Indra Putra memprioritaskan dana pokok-pokok pikiran (Pokir) pada 2023 sebesar Rp1,26 miliar untuk pembangunan infrastruktur, agar sarana dan prasarana pendukung membaik dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Saya memprioritaskan dana Parkir untuk pembangunan infrastruktur, agar berdampak terhadap ekonomi masyarakat," katanya di Lubuk Basung, Jumat.

Ia mengatakan, dana Pokir Rp1,26 miliar dianggarkan khusus untuk membangun jalan berupa aspal hotmix sepanjang 600 meter dan pengecoran bahu jalan sepanjang 800 meter di Jalan Simpang Tapai Kampung Darek menuju Simpang Ampek Pangguang Cacang Nagari atau Desa Adat Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Setelah itu pembangunan infrastruktur jalan lainnya di beberapa titik.

"Pembangunan fisik dilakukan karena daerah tersebut masih membutuhkan pembangunan berbagai infrastruktur, selain memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan itu sesuai dengan usulan dan keluhan masyarakat bahwa jalan penghubung dari Simpang Tapai menuju Simpang Ampek Pangguang sudah lama diimpikan masyarakat.

Ini upaya peningkatan infrastruktur jalan agar semakin baik guna memberikan kemudahan bagi penggunanya, sehingga semakin nyaman dalam berkendara dan juga sebagai salah satu penopang akses perekonomian masyarakat.

"Dengan peningkatan jalan ini, masyarakat akan semakin nyaman dalam menggunakannya. Apabila jalan sudah bagus, maka berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat terutama akses pertanian," katanya.

Mantan Ketua DPRD Agam dua periode itu berharap masyarakat setempat dapat menjaga dan merawat jalan tersebut agar bertahan lama.

"Saya berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat jalan ini dengan baik, sehingga aktivitas masyarakat terbantu dan lancar serta merasa nyaman," katanya.

Sementara Wali Jorong Cacang Tinggi Mainir mengucapkan terimakasih atas pembangunan jalan hotmix dan bahu jalan itu.

Pembangunan itu sudah lama diimpikan masyarakat, karena akses jalan merupakan urat nadi masyarakat terutama dalam membawa hasil perkebunan dan akses pendidikan.

"Alhamdulillah, keluhan ini didengar dan dilaksanakan oleh Wakil Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra. Kami sangat bersyukur, ini akan menjadi kenangan dan sejarah bagi anak cucu nanti," katanya.