Korem 032/Sumbar perkuat pengamanan Pemilu di pulau terluar Indonesia

id Pemilihan umum, pengamanan pemilu,Padang

Korem 032/Sumbar perkuat pengamanan Pemilu di pulau terluar Indonesia

Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl (seragam TNI) di Padang, Rabu, (8/11/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja Sumatra Barat (Sumbar) memperkuat pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga ke pulau terluar Indonesia, diantaranya di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

"Untuk di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kita akan mengirim personel dari Padang karena personel di sana sangat terbatas," kata Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl di Padang, Rabu.

Brigjen TNI Rayen Obersyl menjelaskan salah satu tantangan di Kabupaten Kepulauan Mentawai ialah kondisi medan yang merupakan kepulauan.

Kendati demikian, Danrem memastikan pendistribusian logistik ke beberapa pulau besar seperti Pagai Utara dan Selatan, Siberut hingga Sipora pun dapat tersalurkan dengan aman dan lancar.

"Distribusi antarpulau ini menggunakan kapal. Kita juga memastikan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendistribusikan logistik terutama pengamanan pemilu," tegasnya.

Berkaca dari penyelenggaraan pesta demokrasi sebelumnya, pendistribusian logistik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke daerah menjadi evaluasi pada Pemilu 2024.

"Yang paling menjadi kendala memang terkait distribusi logistik khususnya ke daerah yang sulit dijangkau. Tapi, Korem 032 Wirabraja berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu Serentak tahun 2024," ujarnya.

Untuk diketahui Provinsi Sumbar terbagi atas dua dapil. Dapil I berisikan Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Dharmasraya.

Sementara, dapil II meliputi Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.