Pakar khawatirkan konflik Israel-Palestina bisa picu perang global

id Konflik Israel Palestina, Palestina Israel, Palestina, Israel

Pakar khawatirkan konflik Israel-Palestina bisa picu perang global

Sejumlah peserta aksi membakar bendera Israel saat aksi solidaritas Palestina di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/10/2023). Dalam aksi yang diisi dengan puisi kemanusiaan dan teatrikal tersebut mereka mendukung kemerdekaan negara Palestina dan mendesak negara-negara muslim di dunia untuk membantu menyelesaikan konflik antara Israel dan Palestina. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz

Padang (ANTARA) - Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Andalas, Sumatera Barat, Virtuous Setyaka mengkhawatirkan konflik Israel dengan Palestina berpotensi memicu perang global negara-negara di dunia.

"Biasanya negara-negara besar tidak akan tinggal diam. Bahkan, bisa dibilang cenderung memanfaatkan situasi apa pun untuk kepentingan nasional masing-masing," katanya, di Padang, Senin.

Menurut Virtuous, konflik Israel-Palestina tersebut bisa memicu terjadinya perang proksi atau "proxi war" di negara-negara Timur Tengah hingga meluas ke negara Barat.

Apalagi, katanya, dalam konflik tersebut Amerika Serikat secara terang-terangan memberikan dukungan kepada Israel. Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam Israel dan mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

"Contohnya Amerika Serikat memberikan dukungan ke Israel, kemudian Rusia merasa berkepentingan untuk memberikan dukungan pula kepada Palestina," ujar dia.

Tidak hanya itu, dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas tersebut khawatir eskalasi di Timur Tengah kian meningkat mengingat potensi keterlibatan Iran dalam pusaran konflik.

Sebab, lanjut dia, Iran selama ini dikenal sangat dekat dengan Palestina. Sebaliknya, Israel sendiri menganggap Iran sebagai musuh yang harus disingkirkan.

Sementara itu,, Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina (PPIP) Din Syamsuddin mengatakan rencana Israel menyerang Gaza, Palestina dan mengusir jutaan rakyat Palestina dari kampung halamannya akan memicu perang regional bahkan global.

Din menilai saat ini adalah waktunya dunia Islam, khususnya dunia Arab untuk mengambil sikap tegas dan jelas, yaitu mendukung Palestina baik atas dasar keagamaan maupun kemanusiaan.

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), kata dia, tidak cukup mengeluarkan pernyataan tapi harus berupa tindakan, baik melalui diplomasi dengan mendesak PBB bersikap fungsional dan efektif menegakkan perdamaian dan keadilan maupun menyiapkan pertahanan diri lewat perang jika itu diperlukan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar khawatirkan konflik Israel-Palestina bisa picu perang global