Pemprov Sumbar beri penghargaan 50 siswa berprestasi nasional

id Penghargaan, piagam penghargaan, sumbar

Pemprov Sumbar beri penghargaan 50 siswa berprestasi nasional

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan piagam penghargaan pada 50 siswa berprestasi di daerah itu, Rabu (11/10). (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memberikan piagam penghargaan kepada 50 siswa berprestasi tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, SMK, dan SLB, yang berhasil mengharumkan nama Sumbar dan Indonesia pada berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

“Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah sekaligus motivasi bagi generasi muda Sumbar agar bisa meraih prestasi terbaik," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, prestasi yang diraih oleh para siswa tersebut adalah bukti bahwa anak-anak Sumbar mampu bersaing dan mampu menjadi yang terbaik di tingkat nasional hingga internasional.

"Ini membuktikan generasi muda Sumbar adalah generasi spesial yang bisa menuai prestasi sebagai buah dari komitmen, kerja keras, dan kerja sama yang baik antar siswa, guru, dan orang tua," katanya.

Ia menambahkan, dengan prestasi yang ditunjukkan oleh puluhan siswa itu menunjukkan bahwa Sumbar masih tetap menjadi salah satu lumbung bagi kelahiran generasi muda terbaik bagi bangsa.

“Sejarah telah mencatat, putra-putri Sumbar di masa lalu adalah para pejuang, pendiri, proklamator, dan penyelamat bagi bangsa ini. Tradisi tokoh bangsa ini harus dilanjutkan," katanya.

Pemprov Sumbar, katanya, terus mengoptimalkan penganggaran untuk sektor pendidikan. Saat ini, lebih dari 30 persen APBD Sumbar diperuntukkan bagi sektor tersebut. Itu belum termasuk alokasi beasiswa dari Baznas Sumbar yang mencapai Rp12,5 miliar per tahun, beasiswa Baznas Kabupaten/Kota, serta berbagai jenis beasiswa lain dari pemerintahan maupun swasta.

“Generasi muda yang memiliki kualitas akan ikut mewujudkan visi Indonesia Emas sebagai satu dari empat negara terbesar di dunia pada tahun 2024,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius menyebutkan 50 siswa yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemprov Sumbar tersebut berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar.

Para siswa dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas itu berhasil meraih prestasi di berbagai ajang dan kompetisi tingkat nasional dan internasional.

“Di antaranya ada para peraih medali di ajang O2SN, OSN, FLS2N, Fiksi, KSM, hingga ajang internasional Astro Physic di Polandia. Selain itu, juga diserahkan penghargaan bagi siswa kita yang menjadi anggota Paskibraka saat Upacara 17 Agustus lalu di Istana Negara, serta perwakilan siswa tingkat SMP yang akan berlaga pada turnamen Sepakbola antar SMP tingkat nasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Sumbar juga menerima bantuan program pendidikan tahap I tahun 2023 dari Baznas Sumbar senilai Rp5.395.000.000, yang ditujukan bagi 5.395 siswa tingkat SMA/SMK/SLB se-Sumbar. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua Baznas Sumbar, Buchari, kepada Gubernur Sumbar, yang kemudian menyerahkan pula secara simbolis kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sumbar beri penghargaan 50 siswa berprestasi nasional