12 Kelompok teater ikuti Festival Teater Remaja 2023

id Festival Teater, taman budaya sumbar

12 Kelompok teater ikuti Festival Teater Remaja 2023

Pelakon dari kelompok Janjang Palito memainkan naskah Ayahku Pulang karya Usmar Ismail saat digelarnya Festival Teater Remaja di Gedung Kebudayaan Sumatera Barat di Padang, Rabu (4/10/2023). (ANTARAFOTO/Iggoy el Fitra)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 12 kelompok teater dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat mengikuti Festival Teater Remaja dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2023 di Gedung Kebudayaan, di Padang.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Syaifullah mengatakan, festival itu digelar sebagai upaya regenerasi dalam ranah kesenian khususnya bidang teater.

"Festival teater remaja ini diselenggarakan untuk membina kelompok-kelompok teater anak muda di Sumatera Barat yang masih dalam proses belajar menuju insan teater profesional," kata Syaifullah di Padang, Rabu.

Festival ini, kata Syaifullah, sebagai upaya menciptakan generasi unggul yang berkeadaban sesuai dengan norma yang berlaku di Minangkabau sekaligus sejalan dengan undang-undang pemajuan kebudayaan yang telah ditetapkan sebagai cita-cita nasional.

Sementara itu, seorang juri festival, Pandu Birowo mengatakan, festival teater remaja bukan berarti diikuti oleh anak-anak remaja saja, namun lebih kepada pegiat seni yang baru mengecap dunia teater.

Pandu menjelaskan, festival ini adalah kelanjutan dari workshop teater pada tahun 2022, meskipun tidak semua yang ikut adalah peserta workshop tersebut.

Juri lainnya, Afrizal Harun menambahkan, pada festival teater remaja 2023 ini juga sebagai upaya menggali potensi keaktoran masing-masing kelompok teater.

"Dalam festival ini kita akan melihat potensi aktor yg muncul. Dilihat berdasarkan kelompok yang sudah tampil, masih ada beberapa catatan. Namun waktu berproses peserta memang terbatas," katanya.

Menurut Afrizal, juri juga akan memilih naskah atau pertunjukan yang menampilkan potensi keaktoran, sehingga tidak terlihat akting-akting klise dan tidak natural.

Sejumlah kelompok/komunitas teater yang berpartisipasi pada Festival Teater 2023 yakni Bunga Padi Official, Janjang Palito, Komunitas Actoridea Padang Panjang, Komunitas Seni Gauang Ganto, Marsinggala, dan Payung Sumatera.

Kemudian Rumah Seni Rawang, Teater Smansa Padang, Teater Langkah, Teater Balai Corps, Teater Imam Bonjol Padang, dan Teater Binggo.