Dosen Kebidanan Unand penelitian berbasis relaksasi mengatasi hipertensi

id Kebidanan, penelitian, hipertensi, FK Unand

Dosen Kebidanan Unand penelitian berbasis relaksasi mengatasi hipertensi

Tim Penelitian Kebidanan Unand sedang terapi hipertensi lansia di Puskesmas Andalas Kota Padang. (ANTARA/HO-Tim)

Padang (ANTARA) - Dosen Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand melakukan penelitian berbasis relaksasi sebagai upaya untuk mengobatan hipertensi dengan cara terapi komplementer.

Penelitian nonfarmokologi tersebut dilaksanakan di Puskesmas Andalas Kota Padang, pada 29 September 2023, sebagai bentuk dari komitmen dalam menjalankan misi Program Studi dan perguruan tinggi.

Ketua Tim Peneliti Uliy Iffah, S.ST.,M.Keb menyampaikan bahwa hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala.

Seiring waktu, jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

"Jadi, salah satu pengobatan nonfarmakologi yang dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi yaitu dengan terapi komplementer, salah satunya adalah Teknik Relaksasi Benson yang dilaksanakan oleh tim peneliti Dosen Kebidanan Unand,"katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh empat orang peneliti selain Uliy Iffah, S.ST.,M.Keb sebagai Ketua Tim Peneliti, lalu Novi Aulia Driza, S.Keb.,Bd., Dyah Maya Nauli, S.Keb.,Bd., Asri Rahmayelita,S.Keb.,Bd. sebagai anggota.

Acara dimulai dengan pengukuran tekanan darah pada lansia hipertensi kemudian di lanjutkan dengan pemberian relaksasi benson dengan kelompok kecil.

Uliy menyebutkan, penelitian ini mendapatkan antusias yang tinggi. Sasaran penelitian ini adalah lansia dengan hipertensi yang mengikuti senam khusus di puskesmas.

Hal ini dibuktikan dengan berlomba lombanya lansia untuk bisa dapat mengikuti terapi benson ini.

Oleh karena itu kegiatan terapi benson dibagi atas tiga kelompok dengan masing masing kelompok berjumlah 10 orang dan dilakukan dalam waktu 15 menit.

Kemudian di akhir sesi dilakukan edukasi tentang manfaat kegiatan yang telah dilakukan dan dilakukan pengecekkan tekanan darah kembali.

Tim Penelitian Kebidanan Unand sedang terapi hipertensi lansia di Puskesmas Andalas Kota Padang. (ANTARA/HO-Tim)
Kegiatan ini berlangsung dengan lancar karena adanya koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibatyaotu tim peneliti Kebidanan Unand dengan pihak Puskesmas Andalas.

Indikator keberhasilan pada kegiatan ini,kata dia, terlihat dari tingginya minat lansia dengan mengikuti instruksi yang disampaikan kemudian hasil tekanan darah lansia mengalami penurunan setelah di berikan Terapi Benson.

Kemudian para lansia juga ingin menerapkan kegiatan tersebut di rumah karena setelah terapi merasa lebih nyaman rileks dan tenang.

Harapan tim peneliti setelah dilakukan kegiatan ini adalah para lansia yang mengalami hipertensi menerapkan teknik benson ini di rumah dengan tujuan membantu menenangkan dan merilekskan yang akan berdampak membantu penurunan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi.*

Tim Penelitian Kebidanan Unand sedang terapi hipertensi lansia di Puskesmas Andalas Kota Padang. (ANTARA/HO-Tim)