Rangkaian HUT TNI ke-78, Kodim 0305 Pasaman gelar bakti sosial donor darah

id Komando Distrik Militer 0305 Pasaman,Berita pasaman,Berita sumbar

Rangkaian HUT TNI ke-78, Kodim 0305 Pasaman gelar bakti sosial donor darah

Kodim 0305 Pasaman melaksanakan bakti sosial dengan menggelar aksi donor darah dalam rangka HUT TNI ke-78 di Peridon Siap Maju Aek Nabirong Nagari Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (24/9). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0305 Pasaman, Sumatera Barat mengadakan bakti sosial donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke-78 di objek wisata Peridon Siap Maju Aek Nabirong Nagari Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, Minggu.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0305 Pasaman, Sumatera Barat Letkol Inf. Putra Negara melalui Koordinator acara Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0305/Pasaman Letda Inf Afriyon mengatakan aksi donor darah itu dibantu oleh Palang Merah Indonesia Pasaman Barat dan pihak terkait lainnya.

"Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT TNI ke-78. TNI berbagi menolong warga yang membutuhkan darah," katanya.

Ia menyebutkan kegiatan bakti sosial berjalan dengan baik dan lancar. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 90 orang yang terdiri dari TNI Angkatan Darat sebanyak 50 orang, TNI Angkatan Laut sebanyak 5 orang, Polri sebanyak 30 orang dan Persaudaraan Istri Tentara (Persit) sebanyak 5 orang serta dari kalangan personil sebanyak 47 orang.

"Hasil donor darah yang diperoleh yaitu golongan darah A sebanyak 15 kantong, golongan darah B sebanyak 17 kantong, dan golongan darah O sebanyak 15 kantong," sebutnya.

Ia menjelaskan terdapat kendala dari beberapa peserta tidak bisa donor darah yang disebabkan oleh tensi tinggi dan ada yang rendah serta peserta yang baru mendonor di bawah 3 bulan.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan semua stakeholder terkait, dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah ini.

"Terima kasih atas dukungan semua stakeholder terkait, dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah ini. Dimana antusias dari peserta yang mengikuti sangat baik dan penyelenggarakan kegiatan berjalan sukses, semoga kedepannya kekompakan dan semangat ini terus dipertahankan," sebutnya.

Selain donor darah, rangkaian kegiatan HUT TNI juga akan dimeriahkan dengan lomba dragon boat se-Sumbar yang akan dimulai pada Senin (25/9) besok.

"Persiapan sudah rampung dan kita nanti akan disuguhkan lomba dragon boat di lokasi Peridon Siap Maju," katanya. ***3***