KPU Asmat mulai distribusikan logistik ke distrik terluar

id distribusi logistik,logistik pemilu,pemilu asmat,distribusi pemilu asmat,kabupaten asmat,distrik terluar,pemilu 2024

KPU Asmat mulai distribusikan logistik ke distrik terluar

Petugas memindahkan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 ke kapal di Distrik Agats yang akan didistribusikan ke distrik terluar, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Kabupaten Asmat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan mulai mendistribusikan logistik berupa surat suara dan lainnya untuk Pemilu Tahun 2024 ke distrik atau kecamatan terluar daerah tersebut.

"Dari sini (Dermaga Feri) pendistribusian logistik ke distrik terluar bisa memakan waktu hingga dua hari," kata Ketua KPU Kabupaten Asmat Aloysia Hahare di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu.

Aloysia mengatakan distrik terjauh dan terluar tersebut ialah Distrik Safan dan Kopay yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan. Untuk sampai ke dua titik itu petugas harus melewati Laut Arafura.

"Ini tantangannya cukup besar karena harus berhadapan dengan gelombang tinggi, angin kencang hingga cuaca yang tidak menentu," kata dia.

Tidak hanya itu, pendistribusian logistik juga harus mempertimbangkan pasang naik dan pasang surut. Sebab, kapal hanya bisa berlayar menyusuri sungai sebelum masuk ke laut lepas apabila pasang surut. KPU mencatat di dua distrik tersebut terdapat 29 tempat pemungutan suara (TPS), dengan rincian 17 TPS di Distrik Safan dan 12 TPS di Distrik Kopay.

"Nantinya setelah tiba di distrik terluar petugas kembali menyalurkan ke kampung-kampung," kata Aloysia.

Seharusnya, lanjut Aloysia, distribusi perdana sudah dimulai pada Jumat malam di Dermaga Feri. Namun, akibat terkendala angin kencang, gelombang tinggi dan cuaca yang tidak menentu KPU memutuskan menunda hingga Sabtu pagi.

Ketua KPU menambahkan terdapat dua gelombang pendistribusian logistik yakni daerah pemilihan (dapil) empat dan dua. Lebih rinci di dapil empat terdapat empat distrik yakni Safan dan Kopay, Pantai Kasuari, Der Koumur serta Distrik Aswi.

Kemudian, pada Sabtu sorenya KPU setempat akan melanjutkan distribusi logistik ke dapil dua yang meliputi Distrik Unir Sirau, Suru-Suru, Sawa Erma, Joerat serta Distrik Pulau Tiga. Sementara untuk dapil satu dan tiga dilakukan pada Minggu (11/2).

Tambahan informasi pemungutan suara Pemilu Anggota Legislatif 2024 dilakukan secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Asmat mulai distribusikan logistik ke distrik terluar