Wako Pariaman terima penghargaan dari Kemenkumham RI

id Wako Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Wako Pariaman terima penghargaan dari Kemenkumham RI

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar menerima penghargaan dari Kemenkumham RI saat pelaksanaan Mobile Intelektual Properti Clinic (MIPC) atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak yang digelar oleh Dirjen KI, Kemenkumham RI melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Padang, Selasa (19/9). Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Genius Umar menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI karena dinilai sebagai kepala daerah yang peduli dan konsen dalam hal mendukung dan memasyarakatkan kekayaan intelektual di daerah yang dipimpinnya.

Penghargaan tersebut diserahkan saat pelaksanaan Mobile Intelektual Properti Clinic (MIPC) atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak yang digelar oleh Dirjen KI, Kemenkumham RI melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar di Kota Padang, Selasa (19/9).

“Alhamdulillah, Kota Pariaman berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dalam hal pentingnya memasyarakatkan dan memelihara kekayaan intelektual di tengah masyarakat kita," kata Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan Pariaman telah banyak mendaftarkan produk dan budaya khas asal Pariaman ke Kemenkumham RI untuk dikeluarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di tahun 2022 yang lalu.

Menurutnya dengan produk dan budaya yang telah memiliki HAKI maka ada perlindungan hukum hasil hak cipta karya serta nilai ekonomis yang terkandung didalamnya. Perlindungan terhadap aset berharga tersebut baik dipunyai perorangan maupun kelompok, kata dia.

Tujuan produk dan budaya memiliki HAKI, lanjutnya yaitu untuk mengantisipasi adanya potensi pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Genius menegaskan penghargaan tersebut juga diberikan atas dedikasi dari Dinas Perindagkop & UKM dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, yang aktif melakukan sosialisasi dan memfasilitasi kekayaan intelektual kepada masyarakat.

Ia berharap dengan semakin banyak produk dan budaya Pariaman didaftarkan dan memiliki HAKI maka daerah itu dapat diakui oleh pemerintah pusat dan Pariaman akan semakin maju dan sejahtera kedepannya.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, kita dapat terus mendaftarkan berbagai produk dan kebudayaan daerah khas yang kita miliki di Pariaman," ujarnya.