Pemkot Pariaman kirim tujuh pemuda ikuti pelatihan di Medan

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,Wali Kota Pariaman

Pemkot Pariaman kirim tujuh pemuda ikuti pelatihan di Medan

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) berfoto bersama saat pelepasan tujuh pemuda untuk berlatih di BBPVP Medan. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengirimkan tujuh pemuda di daerah itu untuk mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan guna meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah itu.

“Hari ini kita lepas 7 orang pemuda dan pemudi mengikuti pelatihan. Semua biaya pelatihan ditanggung pihak BBPVP Medan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan selama 45 hari pemuda tersebut akan mengikuti pelatihan sesuai dengan peminatan yang terdiri dari satu orang juru coffee roasting, satu orang bakery, dua orang barber, satu orang juru ukur, dan 2 orang plate welder smaw 3g-up/pf.

Menurutnya dengan keahlian yang didapatkan pemuda tersebut maka mereka dapat memasuki dunia usaha dan industri yang akhirnya berdampak pada peningkatan perekonomian.

Oleh karena itu, lanjutnya setiap pemuda yang dikirimkan oleh Pemkot Pariaman untuk mengikuti pelatihan di balai pelatihan kerja yang telah menjalin kerjasama dengan daerah itu diminta untuk serius mengikuti kegiatan sehingga dapat menguasai keahlian yang dipelajari.

"Kami telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dan balai pelatihan, salah satunya kerjasama dengan BBPVP Medan. Tujuannya untuk mengentaskan angka kemiskinan di Pariaman," katanya.

Terbaru Pemkot Pariaman menjalin kerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Padang, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (PPVP) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI terkait pelatihan pengelasan pada Senin (18/9).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mengirimkan 122 warga untuk mengikuti pelatihan keahlian sepanjang 2022 guna memberikan peluang kesempatan kerja bagi warga miskin di daerah itu.

"Jenis pelatihannya disesuaikan dengan permintaan mereka. Sedangkan sumber dana pelaksanaannya dari APBN dan APBD," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pariaman Noviardi, di Pariaman.

Ia mengatakan pelatihan tersebut tidak saja di balai latihan yang ada di dalam provinsi itu namun juga sejumlah balai latihan kerja yang ada di luar daerah.

Adapun lokasi pelatihan di luar provinsi itu yaitu Bandung, Semarang, Medan, Bekasi dan Serang. Sedangkan jenis pelatihannya yaitu diantaranya teknik las, listrik, pariwisata, barista, otomotif, fesyen, teknik komunikasi dan informasi, dan audio visual.