Ketua DPRD Sumbar: Bimtek digitalisasi untuk tingkatkan kualitas guru

id Ketua DPRD Sumbar

Ketua DPRD Sumbar: Bimtek digitalisasi untuk tingkatkan kualitas guru

Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Supardi. (ANTARA/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) digitalisasi guru SMK se-Kota Payakumbuh angkatan delapan dan sembilan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas para guru di provinsi tersebut.

"Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru dalam hal pendidikan. Kita boleh defisit anggaran tapi kualitas guru tak boleh turun," kata Ketua DPRD Sumbar Supardi di Padang, Rabu.

Bimtek bertajuk Creative Learning In Digital Age 2023 tersebut dihadiri sembilan SMK dari Kota Payakumbuh, empat SMK Negeri dan lima SMK swasta. Total masing-masing angkatan terdiri dari 50 peserta.

Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi mengatakan kegiatan bimtek yang dilakukan selalu diawali dengan visi dan misi, dan pelaksanaan kegiatan tersebut SMA/SMK membuka diri dan bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat.

Supardi mengatakan bimtek tersebut tidak hanya membahas perihal masalah digital, membuat konten namun juga belajar mengenai psikologi, kerja tim, dan kerja sama dalam bentuk lainnya.

Menurutnya, Kota Payakumbuh memiliki guru-guru yang luar biasa. Bahkan, SMK Kota Payakumbuh bisa menjadi SMK pelopor di Ranah Minang, katanya.

"Anak-anak di Kota Payakumbuh juga memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan lebih baik lagi," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Sumbar Ariswan mengatakan investasi pendidikan hanya muncul dari orang orang berpendidikan, ekonominya pendidikan.

Guru adalah contoh, mulai dari masuk tepat waktu, berpakaian yang sopan, bertutur kata yang baik hingga memberikan nasihat yang baik.

"SMK tantangannya sangat luar biasa," kata dia.

Ia mengatakan masih terdapat satu tahap lagi yang akan dilewati oleh para guru. Tahap ini cukup menentukan sebab terkait dengan SMK Fair yang akan diadakan tahun depan. Kegiatan tersebut masih dalam tahap pembahasan.

Program tersebut akan membahas dan mengupayakan hilirisasi produk-produk SMK yang selama ini mungkin hanya tersimpan di gudang tanpa ada proses lanjutan.