Pemkab Pasaman Barat minta masyarakat tingkatkan kesadaran jaga ketahanan pangan

id Pemkab Pasaman Barat ,Berita pasbar,Berita sumbar

Pemkab Pasaman Barat minta masyarakat tingkatkan kesadaran jaga ketahanan pangan

Lahan sawah masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat salah satu pangan yang tetap dijaga ketersediannya, Sabtu (26/8/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meminta masyarakat terus meningkatkan kesadaran pangan dengan memanfaatkan lahan yang kosong dan pekarangan rumah menanam kebutuhan pangan sehari-hari.

"Perhatian terhadap ketersediaan pangan terus kita lakukan. Sosialisasi dan himbauan terus kita lakukan termasuk menyediakan anggaran pangan di tiap nagari atau desa," kata Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Sabtu.

Menurutnya upaya yang terus dilakukan adalah dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar pangan terus meningkat.

Kemudian juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah dan lahan tidak produktif dengan menanam beragam tanaman seperti cabe, bawang dan terung.

"Kemudian juga dapat memelihara ternak dan ikan. Dengan itu maka kebutuhan pangan masyarakat akan terpenuhi," sebutnya.

Menurutnya upaya memanfaatkan lahan pekarangan rumah itu tentu banyak sekali manfaatnya karena kebutuhan sehari-hari masyarakat tidak perlu lagi membelinya ke pasar.

"Masyarakat juga bisa menanam dalam polibag dan meletakkannya di halaman rumah," ujarnya.

Sementara itu Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat menyatakan indeks ketahanan pangan di Pasaman Barat mencapai 80,82 atau dengan status tahan pangan pada 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Pangan Nasional.

"Dengan status tahan itu maka pihaknya terus berupaya menjaga ketersediaan pangan yang ada dengan meningkatkan produksi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat Ekadiana Oktavia.

Menurutnya dalam upaya meningkatkan produksi pangan ini maka lintas sektor terkait tentu sangat berperan. Misalnya peningkatan produksi padi ada pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, produksi ikan ada pada Dinas Perikanan dan sektor lainnya

Ia menambahkan saat ini indeks ketahanan pangan Pasaman Barat berada pada urutan 115 dari 416 kabupaten/ kota se-Indonesia.

"Mudah-mudahan ketahanan pangan di Pasaman Barat semakin meningkat dan masyarakat semakin sejahtera," harapnya. ***1***