Pariaman-organisasi Minang jadwalkan lomba lagu kenang penyanyi Minang legendaris

id Pemkot pariaman,organisasi Minang,Berita pariaman,Berita sumbar

Pariaman-organisasi Minang jadwalkan lomba lagu kenang penyanyi Minang legendaris

Suasana rapat konferensi video antara Pemkot Pariaman, Sumbar dengan Gebu Minang dan Indo Jalito Peduli terkait pelaksanaan lomba lagu penyanyi Elly Kasim di Pariaman, Senin. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bersama organisasi orang Minangkabau yakni Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang dan Indo Jalito Peduli menjadwalkan pelaksanaan lomba lagu penyanyi legendaris daerah Elly Kasim pada September 2023.

“Saya sangat bangga sekali dengan digelarnya acara ini di Pariaman karena selain mempromosikan wisata dan budaya Pariaman, Gebu Minang dan Indo Jalito Peduli juga peduli dengan artis-artis Minang," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat mengikuti rapat konferensi video di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan lomba tersebut dapat mengenalkan kembali lagu-lagu karya penyanyi legendaris Minang kepada generasi muda namun juga melestarikan dan mempertahankan budaya.

Selain itu, menurutnya lomba tersebut juga dapat menjaga persatuan dan kekuatan orang Minang khususnya di Indonesia dan mancanegara pada umumnya.

“Gebu Minang ini cocok untuk dijadikan induk dari semua organisasi minang perantauan, karena Gebu Minang selalu menjaga silaturahmi, melestarikan dan mempertahankan budaya yang diwariskan nenek moyang," katanya.

Adapun rangkaian kegiatan pada lomba tersebut yaitu diantaranya lomba lagu minang Elly Kasim yang peserta dibuka untuk umum se-Sumbar, pemberian nama jalan Elly Kasim di jalan yang dibuka Pemkot Pariaman bersama warga secara swadaya, jalan santai sehat Gebu Minang, dan memberikan santunan kepada anak yatim.

Untuk lomba lagu Minang akan dilaksanakan di panggung utama Pantai Gandoriah, jalan santai sehat Gebu Minang mulai dari lapangan Youth Center Rawang dan selesai di Pantai Kata.