PLN Sumbar edukasi, mengapa aliran listrik terhenti saat hujan?

id PLN Sumbar,PLN Sumbar upayakan pasokan listrik aman,pasokan listrik aman pada musim hujan,upayakan pasokan listrik aman,padang

PLN Sumbar edukasi, mengapa aliran listrik  terhenti saat hujan?

Seorang petugas PLN terlihat sedang melakukan pemeriksaan gardu di Padang, Jumat (11/8). (ANTARA/HO-PLN Sumbar)

Padang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat mengedukasi masyarakat atau pelanggan agar bisa mengerti terkait terjadi listrik terhenti pada saat cuaca hujan, meski komitmen terus berupaya memastikan keamanan pasokan listrik, keselamatan pelanggan dan petugas yang memberikan layanan kelistrikan pada musim hujan.

"PLN selalu bersiaga untuk mengamankan sistem kelistrikan, baik dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga jaringan ke pelanggan. Upaya menjaga kelistrikan butuh peran masyarakat," kata General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Jumat.

Ia mengimbau agar masyarakat bijak menggunakan listrik dan beraktivitas dengan jarak aman dari jaringan demi keselamatan dan keamanan pada musim hujan.

‘’Mari menjadi mitra PLN dengan menjaga kelistrikan di lingkungan agar tetap aman,’’ lanjut Eric.

Ia menjelaskan, air adalah penghantar listrik, ketika hujan terjadi genangan air, sehingga terkadang membuat PLN terpaksa melakukan penghentian aliran listrik.

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada jaringan listrik atau menghindari bangunan atau masyarakat tersengat.

Masyarakat perlu tahu dan memahami juga, kata Eric, aliran listrik dapat dihentikan secara sengaja oleh petugas PLN maupun terhenti otomatis saat cuaca ekstrem musim penghujan diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, aliran listrik terhenti karena gardu listrik tergenang air. Apabila itu terjadi aliran listrik harus segera dihentikan oleh PLN agar air yang tergenang tidak mengalirkan listrik dan menimbulkan dampak, bahkan korban.

Kedua, adanya jaringan listrik yang ditimpa pohon tumbang. Pohon yang mengenai atau menimpa jaringan listrik akan menyebabkan komponen terganggu atau terputus otomatis.

Ketiga, instalasi jaringan listrik tertimpa longsor. Instalasi jaringan listrik baik gardu, tiang, dan instalasi lainnya yang tertimpa material longsor mengakibatkan aliran listrik terputus secara otomatis.

Keempat, hujan disertai petir dapat menyebabkan korsleting mesti tidak tersambar langsung. Aliran listrik di bangunan pemilik peralatan tersebut akan terputus secara otomatis.

"Setelah mengerti faktor penyebab aliran listrik dapat terhenti di musim penghujan, masyarakat dapat lebih aktif menggunakan PLN Mobile karena tersedia fitur pengaduan. Upaya tersebut membantu mencegah potensi bahaya listrik yang tidak diinginkan di musim penghujan," imbaunya.

PLN Mobile adalah aplikasi yang terintegrasi dengan sistem internal PLN. Pengaduan melalui aplikasi ini diclaim akan direspon cepat oleh petugas command center PLN, kemudian pengaduan akan diteruskan kepada petugas lapangan yang langsung menuju lokasi pengaduan.

"Apabila laporan cepat sangat membantu untuk petugas lapangan mendapatkan informasi sehingga mengambil upaya segera ke lokasi,"ujarnya. *