Kampanyekan Anti Triad KRR, Erman Safar dan istri raih Ayah Bunda Genre 2023

id Erman Safar,Ayah Bunda Genre 2023,berita bukittinggi,berita sumbar

Kampanyekan Anti Triad KRR, Erman Safar dan istri raih Ayah Bunda Genre 2023

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dinobatkan sebagai Ayah Pengayom Genre 2023 Sumbar (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama istrinya, Fiona Erman Safar yang menjabat sebagai Ketua PKK daerah setempat dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Pengayom (Generasi Berencana) Genre Sumatera Barat 2023.

"Alhamdulillah, Bukittinggi memberikan dukungan anggaran untuk pembinaan remaja, kami selalu hadir dalam kegiatan remaja yang merupakan kelompok usia yang sangat rentan terhadap resiko triad atau tiga masalah pokok Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)," kata Erman Safar, Senin.

Tiga permasalahan pokok yang kerap dikampanyekan antisipasinya itu yakni, seksualitas atau pergaulan seks bebas, HIV AIDS dan penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan berbahaya.

“Berbagai masalah remaja khususnya Triad KRR sangat berpengaruh terhadap prilaku remaja terutama dalam upaya mewujudkan hidup sehat,” kata Erman.

Menurutnya, era globalisasi dengan segala keterbukaan informasi telah mampu mengubah cara berpikir, bersikap dan bertindak pada generasi muda.

"Langkah antisipasi pemerintah melalui BKKBN telah merumuskan kebijakan berupa Program Generasi Berencana," kata dia.

Fiona Erman Safar juga dinobatkan sebagai Bunda GenRe Pengayom berkat dukungan TP PKK untuk pembinaan remaja Kota Bukittinggi.

Pembinaan GenRe Kota Bukittinggi, TP PKK secara langsung selalu hadir terhadap kegiatan remaja GenRe dalam mengkampanyekan perilaku Anti Triad KRR.

Kepala Perwakilan BKKBN melalui Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Nova Dewita mengatakan apresiasi Program GenRe ini dimulai dari Ayah Bunda GenRe, PIK Remaja Terbaik, kelompok BKR Terbaik, Pembina GenRe Terbaik dan Forum GenRe Kab/Kota terbaik.

"Serta inovasi pemberian bantuan para anggota PIK-R/M yang disebut dengan Beasiswa Genre Prestasi (BGP) yang diberikan pada anak-anak yang berprestasi, namun kurang mampu secara ekonomi, sebagai upaya dalam upaya memberikan motivasi untuk mereka," kata Nova.

Ia menambahkan rangkaian kegiatan GenRe Awards dimulai pemilihan duta genre di Tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten Kota, kemudian para pemenang menjalani proses pembekalan di tingkat provinsi.

"Jumlah Duta GenRe Sumatera Barat dari Kabupaten Kota yang ikut sebanyak 38 orang, mengirim utusan masing-masing dua pasang, duta-duta tersebut diharapkan dapat menjadi role model, memiliki karakter yang baik pula, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu menjadi agen perubahan untuk bangsa Indonesia," pungkasnya.

Selain penghargaan Ayah Bunda Pengayom Genre 2023, Bukittinggi juga menerima apresiasi lainnya, antaranya Best Costum lomba parade budaya Sumbar, Terbaik 1 PIK R kategori beraksi, Terbaik 2 Resital Budaya, Terbaik 3 Forum Genre, Terbaik 3 Pik R percontohan dan Pembina PiK R terbaik dari SMP 5

Terakhir, Riri Putri Arta dari SMA N 2 Bukittinggi juga berhasil menjadi juara 1 Duta Genre Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan berhak mewakili Sumatra Barat pada penilaian tingkat nasional.