Hunian Hotel di Bukittinggi naik 100 persen saat Libur Lebaran

id Hunian Hotel di Bukittinggi naik,Stasiun Lambuang,Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar

Hunian Hotel di Bukittinggi naik 100 persen saat Libur Lebaran

Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Wali Kota Erman Safar mengungkap terjadinya kenaikan 100 persen dari jumlah kunjungan hotel dengan mencapai 5.506 kamar terisi saat Lebaran 2024 (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengalami kenaikan drastis selama libur Lebaran 2024. Pemerintah daerah setempat mengungkap ribuan kamar terisi penuh.

"Berdasarkan Rekap Data Kunjungan Hotel dan penginapan yang telah dilaporkan selama Libur Lebaran 2024 dan Cuti Bersama, jumlah kamar terjual sebanyak 5.506," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Sabtu.

Ia mengatakan tingkat kunjungan hotel dan penginapan pada momen Lebaran mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan 2023 lalu.

"Jumlah kamar terjual pada momen lebaran dan cuti bersama tahun 2023 sebanyak 2.336 kamar, artinya dua kali lipat," kata Wako.

Kenaikan tingkat hunian pada hotel dan penginapan tahun ini memberikan dampak positif pada peningkatan okupansi hotel di Kota Bukittinggi.

"Peningkatan ini didorong karena penyedia akomodasi perhotelan memberikan tawaran menarik berupa paket diskon kepada tamu hotel," kata Wako.

Selain itu ia mengapresiasi dengan mudahnya akses layanan informasi melalui Online Travel Agent (OTA) yang disediakan.

"Faktor lainnya karena melonjaknya tradisi mudik pada Lebaran tahun ini," kata Wako.

Kota Bukittinggi dengan ikon Jam Gadang masih menjadi magnet wisata di Sumatera Barat. Beragam objek wisata dan kuliner tersaji di kota berhawa sejuk itu.

Terbaru, Kota Bukittinggi menghadirkan pusat kuliner terbesar Stasiun Lambuang yang telah diresmikan langsung Menteri BUMN, Erick Tohir pada awal Maret lalu