329 calon haji 2024 Bukittinggi resmi mulai Manasik

id 329 calon haji 2024 Bukittinggi ,berita sumbar,berita bukittinggi,Walikota Bukittinggi, Erman Safar

329 calon haji 2024 Bukittinggi resmi mulai Manasik

329 calon haji asal Kota Bukittinggi saat memulai kegiatan Manasik Haji 2024 (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Sebanyak 329 orang calon haji Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi resmi memulai kegiatan Manasik Haji Gabungan. Kegiatan dibuka secara resmi Wali Kota Bukittinggi di Balairung Rumah Dinas, Kamis.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan pesan agar calon haji Bukittinggi mengikuti manasik dengan baik dan maksimal. Banyak arahan yang disampaikan terkait kondisi terkini di Mekah dan Madinah.

“Kami Pemkot Bukittinggi, akan membantu memfasilitasi para jamaah mulai dari pemberangkatan hingga kembali ke Kota Bukittinggi," kata Erman.

Ia menegaskan Pemkot Bukittinggi membantu pengadaan transportasi ke Embarkasi dan juga menyiapkan tenaga kesehatan.

"Ikuti manasik, banyak ilmu dan informasi yang harus diketahui. Akrabkan diri satu dengan yang lain. Semoga menjadi haji yang mabrur," kata Wako.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bukittinggi, Eri Iswandi mengatakan kegiatan manasik haji gabungan tersebut dilaksanakan agar jamaah menjadi lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan ibadah haji.

"Kesiapan yang dimaksud yaitu siap fisik dan juga mental dalam melaksanakan ibadah," kata Eri Iswandi.

Ia menyebut 329 calon haji terdiri dari 142 jamaah laki-laki dan 187 jamaah perempuan yang telah melunasi ongkos naik haji (ONH) tahap pertama sebanyak 289 orang dan 40 jamaah tahap dua.

"Mereka berasal dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebanyak 100 orang. Kecamatan Guguak Panjang sebanyak 118 orang dan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh sebanyak 111 orang, dilaksanakan hingga Sabtu (27/4),” katanya.