500 pesilat dari tiga provinsi ikuti kejuaraan Semen Padang Open 2023

id Semen Padang, pencak silat

500 pesilat dari tiga provinsi ikuti kejuaraan Semen Padang Open 2023

Sejumlah atlet silat mengikuti kejuaraan pencak silat Semen Padang Open 2023 yang merupakan rangkaian HUT Ke-65 pengambilalihan pabrik PT Semen Padang dari Belanda di Padang, Kamis, (27/7/2023). ANTARA/HO-Humas Semen Padang.

Padang (ANTARA) - Sekitar 500 pesilat dari 50 perguruan yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Jambi dan Riau mengikuti kejuaraan pencak silat Semen Padang Open 2023 yang merupakan rangkaian HUT Ke-65 pengambilalihan pabrik PT Semen Padang dari Belanda.

"PT Semen Padang menggelar kejuaraan pencak silat Semen Padang Open 2023 ini bertujuan untuk melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia," kata Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri di Padang, Kamis.

Oktoweri mengatakan PT Semen Padang melalui Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSP-G) membina beberapa perguruan silat yaitu PS Sakato Semen Padang, Kelatnas Perisai Diri dan PS Merpati Putih.

"Selain silat, juga ada cabang olahraga angkat berat, basket, sepak bola, binaraga, bulu tangkis, panahan dan lain sebagainya. Bahkan, bisa dikatakan kalau Semen Padang ini KONI mini dari Sumbar," kata Oktoweri.

Melalui berbagai cabang olahraga yang dibina tersebut, Semen Padang berhasil melahirkan banyak atlet berprestasi di tataran nasional hingga internasional.

Kepada atlet dan ofisial, ia berpesan untuk terus mendukung PT Semen Padang agar berkinerja baik, dan terus berkembang. Dengan demikian, perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut bisa secara rutin menggelar kejuaraan pencak silat.

"Mohon doa dan dukungan agar Semen Padang tetap survive di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini dan bisa berkontribusi memajukan pencak silat," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumbar Ronny Pahlawan mengapresiasi PT Semen Padang yang menggelar kejuaraan pencak silat Semen Padang Open 2023. KONI berharap agenda olahraga tersebut dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya.

"Kami berharap kejuaraan ini bisa menjadi event tahunan Semen Padang, dan mendorong pihak lain untuk menggelar kejuaraan pencak silat guna melahirkan atlet unggul," ujarnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua IPSI Sumbar Zulhardi Latif menyambut baik pembinaan atlet pencak silat yang dilakukan PT Semen Padang. Sebab, setiap pekan olahraga nasional (PON) diadakan, Sumbar selalu mendapatkan medali emas dari cabang silat.

"Emas tersebut disumbangkan oleh atlet dari perguruan pencak silat yang dibina PT Semen Padang," ujar dia.