Sambut Bulan Bakti, Pemkab Pasaman canangkan gotong royong masyarakat

id Bulan Bakti Gotong Royong pasaman,berita pasaman,berita sumbar,Bupati Pasaman, H. Benny Utama

Sambut Bulan Bakti,  Pemkab Pasaman canangkan gotong royong masyarakat

Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2023 di lapangan olah raga Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, Jumat.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, H. Benny Utama resmi membuka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2023 di lapangan olah raga Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, Jumat.

H. Benny Utama menyampaikan gotong royong bukan hal baru bagi masyarakat Sumatera Barat, tapi sudah menjadi hal lazim yang sering dilakukan, terutama dalam mewujudkan kepentingan bersama di tengah-tengah masyarakat.

"Gotong royong sudah membudaya dikalangan masyarakat kita dan ini harus tetap didorong untuk terus menjadi kebiasaan positif yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Pasaman," kata Benny Utama yang digadang-gadang maju DPR RI.

"Saya minta Wali Nagari di Pasaman untuk memelihara kebiasaan gotong royong ini di tengah-tengah masyarakat, sembari menumbuh kembangkan sikap partisipatif, rasa kebersamaan, sekaligus sikap peduli untuk mau menjaga apa yang telah dibuat dan dibangun," ujarnya.

Bupati Benny Utama menegaskan bahwa, gotong royong di kalangan masyarakat masih sangat dibutuhkan, bukan saja dalam gerak pembangunan, tetapi juga pada setiap dinamika kehidupan masyarakat.

"Jika segala sesuatunya diserahkan dan menunggu pemerintah turun tangan, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, maka pembangunan itu akan sulit bergerak, tumbuh dan berkembang," lanjutnya.

Dikisahkan Haji Benny, waktu pembangunan jalan Tonang - Talu, atau saat pembukaan jalan tembus Pasaman - Pasaman Barat dulu, kalaulah masyarakat tidak ikut berpartisipasi menyerahkan lahannya, maka jalan itu tidak akan pernah terwujud hingga sekarang.

Tapi, lanjutnya, bagaimana realitanya sekarang ? jalan tersebut telah membawa manfaat dan secara langsung mampu menunjang usaha-usaha ekonomi masyarakat di Bidang Perkebunan, Pertanian dan pariwisata, serta membuat lancar arus transportasi umum di wilayah itu.

Dijelaskan pula, bahwa pembangunan butuh semangat dan kepedulian. Apalagi dilakukan dengan gotong royong, tentu akan dapat memicu tumbuhnya rasa memiliki di tengah masyarakat.

"Jika sudah tertanam rasa memiliki, maka akan ada keinginan untuk memelihara. Misal, di suatu daerah ada air selokan yang tersumbat dan alirannya naik ke jalan. Jika ini dibiarkan tentu akan membuat jalan cepat rusak. Dan hal seperti ini dapat diatasi dengan gotong royong, tanpa harus menunggu pemerintah," imbuh Bupati Benny.

Terakhir diharapkan, pencangan bulan bhakti gotong royong tidak hanya sebatas seremonialnya, tapi harus terimplementasi sebagai pemicu kebiasaan hidup gotong royong di tengah masyarakat Kabupaten Pasaman.

Pembukaan BBGRM, yang ditandai pemukulan gong, Bupati Pasaman didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Pasaman, Setdakab beserta Kepala OPD Pemkab Pasaman, Camat serta wali nagari se-Kabupaten Pasaman.

Terakhir melakukan peninjauan progres pengecoran jalan lingkung yang dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat Air Manggis.