Duta Besar: Idul Adha momen membangun persaudaraan dan kepedulian

id Idul adha

Duta Besar: Idul Adha momen membangun persaudaraan dan kepedulian

(ilustrasi) santri menunjukan daging kurban dengan daun kayu jati di Pondok Pesantren Laskar Langit, Desa Margaluyu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (30/6/2023). Ponpes tersebut sejak tahun 2013 telah membuat kebijakan mengemas daging kurban menggunakan daun jati dan tali bambu untuk mendukung program pemerintah peduli terhadap lingkungan serta menghindari penggunaan kantong plastik. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengatakan kepada warga Indonesia di Tunis bahwa perayaan Idul Adha dan kegiatan ramah-tamah setelah sholat Idul Adha merupakan momen untuk membangun persaudaraan dan kepedulian pada sesama.

Hal itu disampaikan Dubes Zuhairi dalam sambutannya usai shalat Idul Adha 1444 H di Wisma Duta Besar RI di Tunis pada Kamis (28/6), menurut keterangan KBRI Tunis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Momen Shalat Idul Adha dan ramah-tamah bagi WNI di Tunisia ini dapat menjadi momen yang terus memperkaya persaudaraan kita. Momen ini khas Perwakilan RI di luar negeri agar kita terus menjalin silaturahim di antara sesama WNI," ujar dia.

Kegiatan shalat Idul Adha berjamaah dan ramah-tamah tersebut dihadiri oleh Dubes Zuhairi dan segenap warga negara Indonesia (WNI) di Tunisia, yang umumnya kuliah di Universitas Zaitunah.

"Selama kita mampu membangun persaudaraan, kehangatan, dan kedekatan pada sesama, maka kita optimistis bahwa keindonesiaan kita akan semakin kokoh dan kita dapat menginspirasi dunia, bahwa hakikat hidup adalah pengorbanan untuk membangun peradaban perdamaian," kata Dubes Zuhairi.

Dia menyampaikan bahwa esensi Idul Adha adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara meningkatkan kepedulian pada sesama.

"Kita harus meningkatkan kepedulian pada sesama. Kita harus berkurban dan berkorban untuk mereka yang lemah dan membutuhkan uluran tangan. Idul Adha ini harus membangun peradaban kemanusiaan. Mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa pada hakikatnya mendekatkan kita pada sesama," ucapnya.

Sementara Ardi Pramana, selaku khatib dalam sholat Idul Adha bersama KBRI Tunis itu, dalam khutbahnya menekankan agar setiap orang dapat mengambil hikmah yang sebesar-besar dari peristiwa kesabaran, keteguhan, dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Dia menekankan bahwa Idul Adha sejatinya dapat menginspirasi umat Muslim mengenai keagungan Allah.

Kegiatan sholat Idul Adha di Wisma Dubes RI di Tunis itu diakhiri dengan acara ramah-tamah sesama WNI di Tunisia dan santap kuliner Nusantara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes Zuhairi: Idul Adha momen membangun persaudaraan, kepedulian