Festival balon udara meriahkan Idul Adha di Mahakarya Pasaman Barat (Video)

id Festival balon udara,Festival balon udara meriahkan Idul Adha,Festival balon udara di Mahakarya Pasaman Barat,Festival b

Festival balon udara meriahkan Idul Adha di Mahakarya Pasaman Barat (Video)

Balon udara berukuran besar berterbangan dalam festival balon udara yang diadakan di Mahakarya Kabupaten Pasaman Barat, Minggu. (Antara/HO-Dispar Pasbar). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat bekerja sama dengan pemuda Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo mengadakan festival balon udara di lapangan bola kaki Kampung I dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Ahad.

"Hari ini kita mengadakan festival balon udara. Sebanyak 10 balon udara berukuran raksasa berbagai motif dan model, seperti batik, pelangi, tokoh dan lainnya mampu terbang menghiasi langit di Mahakarya Pasaman Barat," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky H Sahputra di Simpang Empat, Minggu.

Menurutnya festival balon itu bekerja sama dengan pemuda Mahakarya yang juga memperingati 70 tahun usia Mahakarya dengan mengusung tema "yokk mabur bareng-bareng".

"Ini adalah kegiatan positif bagi masyarakat dan hiburan masyarakat saat penghujung libur Idul Adha. Terbukti kunjungan masyarakat cukup tinggi," kata Decky.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi dan sebagai langkah melestarikan budaya dalam rangka menyambut atau memeriahkan Lebaran Idul Adha 2023.

Sebelum diterbangkan, balon udara raksasa yang terbuat dari kertas tersebut diberi asap dari hasil pembakaran kayu yang berasal dari tungku yang sudah disiapkan.

Dalam satu tim, terdapat tujuh sampai delapan orang yang menerbangkan. Mereka menjaga kekompakan agar balon udara tersebut dapat terbang.

Adapun peserta festival balon udara 2023 ada 10 tim, yakni Kampung Sianok, Wonderland, Kampung Holywood, Bolo Bolo,Tonggo Ndeso, Si Khuntul, Sahabat Sembako, Rizky family, Darmo Karyo dan Al-jihad.

Festival itu juga diperlombakan dengan beberapa kriteria penilaian di antaranya kekompakan tim, keindahan dan kerapian balon udara serta keseimbangan pada saat di udara.

"Juara dalam perlombaan festival balon udara itu diperoleh oleh Kampung Sianok, Wonderland dan Kampung Holywood," ujarnya.

Agar tidak membahayakan dan mengganggu lalu lintas udara, penerbangan balon udara raksasa ini ditambat menggunakan tali dengan ketinggian sekitar 60-70 meter.

Selain untuk menyalurkan atau wadah warga pecinta balon udara, kegiatan ini digelar untuk melestarikan budaya, sekaligus mendongkrak pariwisata yang ada.

Kegiatan festival balon udara 2023 tersebut kerja sama antara Dinas Pariwisata Pasaman Barat dengan pemuda Mahakarya yang dihadiri oleh masyarakat Mahakarya lebih kurang sekitar 200 orang.

Setiap peserta pemenang Festival balon udara diberikan sertifikat penghargaan oleh Dinas Pariwisata Pasaman Barat. ***3***

Festival balon udara di Mahakarya Pasaman Barat. (Antara/HO-Dispar Pasbar)