Wako Pariaman: pariwisata tulang punggung ekonomi masyarakat di daerah

id Wako Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar,ekonomi masyarakat pariaman

Wako Pariaman: pariwisata tulang punggung ekonomi masyarakat di daerah

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (kiri) secara simbolis menyerahkan hadiah kepada pemenang CUCA 2023 di Pariaman. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan pariwisata merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat di daerah itu dan menjadikan kota tersebut layak investasi.

"Wisata merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat Pariaman, wisata juga menjadi lokomotif berubahnya wajah kota menjadi lebih cantik lagi dilihat dari berbagai sisi seperti pembangunan infrastruktur, pembangunan titik-titik wisata," kata Genius Umar di Pariaman, Senin.

Hal tersebut juga disampaikannya saat membuka acara Grand Final Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kota Pariaman 2023, di Pentas Seni Pantai Gandoriah Sabtu malam (13/5).

Ia mengatakan dalam 10 tahun terakhir Pariaman telah berubah dari daerah yang bukan menjadi tujuan wisata menjadi daerah tujuan wisata.

Menurutnya hal tersebut tercipta tidak lepas dari hasil kerja keras dan kolaborasi bersama antara Pemkot Pariaman dengan para milenial yang mempromosikan wisata sebagai objek dan subjek pariwisata.

"Oleh karena itu Pariaman siap menjadi kota wisata yang nomor satu di Indonesia," katanya.

Ia berharap duta wisata yang juga merupakan kalangan milenial dapat menjadi penggerak pariwisata di Pariaman serta mampu mengangkat kearifan lokal daerah di antaranya kuliner, kebudayaan, dan kerajinan produk UMKM Kota Pariaman di kancah nasional.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pariaman Elvis Chandra mengatakan tujuan dilaksanakan pemilihan Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Kota Pariaman ialah untuk mencari talenta muda yang memiliki karakteristik, kepribadian yang baik, serta pengetahuan yang luas.

“Cik Uniang Cik Ajo yang terpilih nantinya juga berperan sebagai promotor pariwisata di Pariaman," ujarnya.

Mereka, lanjutnya dapat memberikan ide untuk memajukan, mengembangkan, mempromosikan, serta mampu melestarikan dan memperkenalkan budaya, ekonomi kreatif sehingga lebih dikenal lagi baik dikalangan domestik maupun mancanegara.