Polresta maksimalkan uji coba jalur satu arah Bukittinggi-Padang

id Pengaturan arus mudik lebaran

Polresta maksimalkan uji coba jalur satu arah Bukittinggi-Padang

Satlantas Polresta Bukittinggi melakukan peninjauan lapangan di daerah Malalak yang akan dilalui kendaraan pada sistem satu arah untuk mengatasi kemacetan jalur Bukittinggi-Padang. ANTARA.

Bukittinggi, - (ANTARA) - Satuan lalu lintas Polresta Bukittinggi, Sumatera Barat memaksimalkan persiapan uji coba sistem satu arah atau one way jalur Bukittinggi-Padang untuk mengatasi kemacetan saat libur Idul Fitri 2023.

"Satlantas Polresta Bukittinggi akan dibantu Dinas Perhubungan daerah setempat untuk penerapannya nanti. Ini menjadi atensi kami untuk menyukseskan program Ditlantas Sumbar agar masalah kemacetan panjang di hari libur dapat terpecahkan," kata Kasatlantas Polresta Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat, di Bukittinggi, Kamis.

Ia mengatakan telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan ke beberapa lokasi jalan yang akan ditempuh kendaraan khususnya dari Bukittinggi yang dialihkan ke Malalak.

"Hasil pantauan kami ke Malalak, ada beberapa ruas jalan yang terban hingga mempersempit jalan, ada yang awalnya lebar delapan meter kini hanya empat meter, tapi secara umum ruas jalan ini sudah rapi tidak ada bekas longsoran," kata Ghanda.

Menurutnya sistem satu arah bisa terhalang diterapkan secara maksimal dengan adanya penyempitan jalan di daerah Malalak itu.

"Saat ini Pemprov sudah melakukan pembersihan di jalur itu, namun karena lebar jalan yang tersedia kemungkinan tidak bisa dilalui kendaraan besar, maksimal untuk bus berkapasitas 24 bangku yang bisa dilewatkan," katanya.

Persiapan sistem one way menurutnya juga dipacu dengan rapat bersama forkopimda daerah agar bisa terlaksana maksimal.

"Sosialisasi masif perlu dilakukan ke masyarakat untuk uji coba pertama ini pada Sabtu (08/4) mulai pukul 12.00 hingga 16.00 WIB, tidak ada pengecualian kendaraan," katanya.

Ia menegaskan 60 personel Satlantas Polresta Bukittinggi disiapkan untuk uji coba ini dengan menjaga setiap persimpangan yang akan dilalui.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan kemacetan di ruas jalan Padang-Bukittinggi saat libur Idul Fitri merupakan masalah menahun yang terjadi di Sumbar.

Menurutnya salah satu opsi mengatasi permasalahan itu dengan menerapkan sistem satu arah atau one way pada jam tertentu untuk ruas Jalan Sicincin-Bukittinggi.

Ia mengatakan mekanisme penerapan sistem satu arah atau one way itu akan diberlakukan pada waktu tertentu dengan memperhatikan data volume lalu lintas.

"Sesuai jam yang diberlakukan nantinya start pukul 12.00 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB pada H-3 hingga H+3 Lebaran," katanya.

Ia menjelaskan untuk kendaraan menuju Bukittinggi dari Padang dapat melalui Sicincin, Kabupaten Padangpariaman dan kendaraan balik dari Bukittinggi menuju Padang menggunakan jalur dari Malalak, Kabupaten Agam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polresta maksimalkan uji coba jalur satu arah Bukittinggi-Padang