Polres dan Pemkab Pasaman Barat tinjau harga bahan pokok

id Pasaman barat, Sumbar, harga bahan pokok,Simpang tiga

Polres dan Pemkab Pasaman Barat tinjau harga bahan pokok

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki bersama Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto beserta jajaran saat meninjau pasar tradisional Simpang Tiga untuk memastikan harga kebutuhan pokok stabil dan tersedia, Jumat. 

Simpang Empat, - (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat bersama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat turun ke pasar tradisional Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo memantau harga kebutuhan pokok saat bulan suci Ramadhan ini.

"Kegiatan ini rutin dilakukan di bulan Ramadhan untuk mengetahui harga bahan pokok di Pasaman Barat. Apakah ada kenaikan atau pun mengalami penurunan harga. Intinya kami ke sini untuk cek harga sembako supaya tidak ada efek keamanan ketertiban masyarakat," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Jumat.

Dalam pemantauannya ia mengatakan tidak ada kenaikan komoditas sembako yang berlebihan.

"Kita sudah bertanya ke sejumlah pedagang sembako di pasar tradisional Simpang Tiga ini, tidak ada harga sembako yang melonjak drastis. Rata-rata harga sembako masih normal,” ujarnya.

Selain itu dari hasil pemantauan itu, stok bahan kebutuhan pokok masyarakat masih tersedia.

Beberapa bahan yang dipantau antara lain daging, telur, minyak goreng, tepung dan beras, semuanya masih tersedia termasuk stabilitas harga, walaupun terdapat beberapa dari harga sembako mengalami kenaikan namun tidak signifikan.

Ia menegaskan kegiatan peninjauan ini bertujuan untuk memastikan harga dan stok bahan pokok cukup dan tetap stabil pada saat bulan Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri mendatang.

"Saya telah perintahkan Kasat Intelkam termasuk jajaran Polsek untuk memantau terus terkait dengan perkembangan harga dan stok kebutuhan pokok pada bulan Ramadhan hingga lebaran nantinya," tegasnya.

Selain pengecekan harga dan ketersediaan, peninjauan itu juga sebagai upaya preventif Polres Pasaman Barat guna memastikan tidak adanya penimbunan bahan pokok di bulan Ramadhan.

"Kita juga akan mengecek gudang-gudang distributor, sekaligus memastikan bahwa lokasi di Pasaman Barat ini tidak ada penimbunan. Apabila ada pihak-pihak yang melakukan penimbunan sembako, kami akan tindak tegas, karena dengan adanya penimbunan akan merugikan masyarakat," ujarnya.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan harga kebutuhan pokok saat ini masih stabil meskipun ada kenaikan sedikit.

"Kita telah menyiapkan sejumlah kegiatan operasi dan bazar pasar murah dalam bulan Ramadhan ini sebagai antisipasi kenaikan harga," katanya.

Adapun harga sejumlah kebutuhan pokok saat ini adalah minyak curah Rp16.000 per kilogram, telor ayam dari Rp 54.000, gula Rp15.000 per kilogram, cabe Rp35 ribu per kilogram, harga daging ayam Rp26.000 per kilogram, bawang merah biasa Rp 28.000 per kilogram.