Padang pusatkan Pasar Pabukoan di RTH Imam Bonjol

id pasar pabukoan padang,kuliner ramadhan,ramadhan 2023

Padang pusatkan Pasar Pabukoan di RTH Imam Bonjol

Arsip Foto. Suasana Pasar Pabukoan Ramadhan di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (4/4/2022). Pemerintah kota membuka kembali tempat penjualan makanan pembuka puasa setelah dua tahun meniadakannya karena pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom)

Padang (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Padang di Provinsi Sumatera Barat memusatkan kegiatan Pasar Pabukoan Ramadhan 1444 Hijriah di Ruang Taman Hijau (RTH) Imam Bonjol.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Syahendri Berkah mengatakan bahwa Wali Kota Padang Hendri Septa dijadwalkan membuka Pasar Pabukoan Ramadhan 1444 Hijriah pada Jumat (24/3).

"Kami pilih Jumat karena Rabu dan Kamis hari libur,” katanya di Kota Padang, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 48 pedagang yang mendaftar ke Dinas Perdagangan untuk menjajakan dagangan di Pasar Pabukoan Ramadhan RTH Imam Bonjol.

"Pasar Pabukoan ini diharapkan ramai dikunjungi masyarakat setiap hari sehingga barang-barang pedagang dapat terjual," katanya.

Syahendri menjelaskan, pemusatan Pasar Pabukoan Ramadhan ditujukan untuk memudahkan warga mencari makanan pembuka puasa yang sehat dan aman.

Pemerintah Kota Padang bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan untuk memeriksa kualitas dan keamanan makanan yang dijual di Pasar Pabukoan.

"Pemeriksaan makanan ini akan diperiksa setiap hari agar makanan yang dibeli masyarakat higienis," kata Syahendri.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah kota hanya memfasilitasi kegiatan Pasar Pabukoan Ramadhan di RTH Imam Bonjol.

Namun, pasar pabukoan tetap boleh dibuka di area lain yang biasa dijadikan sebagai tempat dagang makanan selama bulan puasa.

"Itu biasa dikelola masyarakat, namun sudah berjalan setiap tahunnya di sana,” kata Syahendri.