Tekan inflasi, Pemkab Solok Selatan pantau pasar jaga stabilitas harga pangan

id Bupati Solok Selatan Khairunas, jaga stabilitas harga pangan, tekan inflasi,berita solok selatan,berita sumbar

Tekan inflasi, Pemkab Solok Selatan pantau pasar jaga stabilitas harga pangan

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda meninjau pasar Padang Aro guna memantau harga serta ketersediaan bahan pokok untuk menekan inflasi. (Antara/ErikĀ IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Khairunas bersama Forkopimda mengunjungi Pasar Padang Aro untuk memantau harga bahan kebutuhan pokok, ketersediaan dan daya beli masyarakat guna menjaga stabilitas harga dalam menekan inflasi.

"Pemerintah daerah bersama-sama dengan Forkopimda bekerjasama dalam menekan inflasi dan dari pantauan di Pasar Padang Aro harga kebutuhan pokok masih stabil, tidak ada gejolak hanya daya beli masyarakat yang sedikit turun dikarenakan cuaca yang musim penghujan," kata Bupati Solok Selatan Khairunas di Padang Aro, Rabu.

Dia menjelaskan, hasil pertanian Solok Selatan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga setempat sehingga harganya tetap stabil.

Semua kebutuhan pokok katanya, tersedia di Solok Selatan sehingga pedagang tidak mencari keluar dan imbasnya harga tetap stabil dan terjangkau.

"Kami berharap harga kebutuhan pokok di Solok Selatan tetap stabil dan daya beli masyarakat terus meningkat," ujarnya.

Agar daya beli masyarakat tetap stabil, Pemerintah daerah akan berupaya mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kalau realisasi APBD lebih cepat katanya, maka perputaran uang juga terjadi sehingga berimbas pada daya beli masyarakat.

"OPD diminta percepat proses lelang sehingga ada perputaran uang di Solok Selatan yang berimbas pada perekonomian masyarakat," ujarnya.

Untuk APBD katanya, Solok Selatan paling cepat pengesahannya di Sumbar dan berharap hal ini berbanding lurus dengan realisasinya di lapangan.

"Semakin cepat realisasi APBD maka ekonomi akan membaik sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat," ujarnya. (*)