Newcastle United resmi rekrut Anthony Gordon dari Everton senilai Rp 834 miliar

id newcastle united,anthony gordon

Newcastle United resmi rekrut Anthony Gordon dari Everton senilai Rp 834 miliar

Pemain tengah Everton Anthony Gordon (kiri) berebut bola dengan bek Dynamo Kiev Mykyta Burda dalam pertandingan persahabatan di Goodison Park di Liverpool 29 Juli , 2022. (AFP/NIGEL RODDIS)

Jakarta, (ANTARA) - Newcastle United mengumumkan pihaknya telah resmi merekrut Anthony Gordon dari Everton, dengan nilai transfer yang dilaporkan dapat mencapai senilai 45 juta pound (Rp 834 miliar), demikian dilansir AFP.

Pemain 21 tahun itu merupakan rekrutan pertama The Magpies pada bursa transfer Januari. "Sejak saya mendengar ketertarikan itu, saya selalu meyakinkan diri bahwa Newcastle adalah untuk saya," kata Gordon kepada NUFC TV.

"Menurut saya, basis penggemar dan kota ini benar-benar cocok untuk saya secara pribadi, cara tim bekerja di bawah pelatih saat ini benar-benar sesuai dengan saya, dan klub sepertinya mengarah ke jalur yang tepat," tambahnya.

Pelatih Eddie Hoew menyebut pemain timnas Inggris U-21 itu sebagai talenta papan atas.

"Saya benar-benar senang untuk dapat bekerja dengan dia, untuk membangun dia, dan tidak sabar untuk melihat apa yang dapat dilakukannya dalam balutan kaus seragam Newcastle," kata Howe.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa nilai awal transfer Gordon adalah 40 juta pound, yang dapat naik menjadi 45 juta pound dengan berbagai tambahan dan prasyarat.

Everton mengatakan Gordon pindah ke Newcastle dengan nilai transfer yang tidak diumumkan, setelah mengajukan permohonan transfer formal.

Gordon bergabung dengan akademi Everton pada usia 11 tahun, dan melakukan debut seniornya saat berusia 16 tahun pada pertandingan Liga Europa pada 2017.

Ia telah mengoleksi tiga gol dalam 18 penampilannya musim ini. Terakhir kali Gordon bermain sebagai pemain inti Everton adalah saat The Toffees kalah 1-2 di markas Wolverhampton Wanderers pada 26 Desember, dan ia terakhir kali menyumbang gol saat mereka menang 3-0 atas Crystal Palace pada Oktober tahun lalu.

Newcastle saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris, dengan hanya catatan satu kekalahan di liga musim ini. (*)