Sawahlunto Terima Bantuan Atensi Kemensos Senilai Rp605 juta

id Berita Sawahlunto,Bantuan Atensi Kemensos,Berita sumbar

Sawahlunto Terima Bantuan Atensi Kemensos Senilai Rp605 juta

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menerima secara simbolis bantuan program Atensi dari perwakilan pejabat Kemensos, Jum'at. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, mendapat bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial senilai Rp605 juta yang disalurkan kepada 274 orang penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA) Kota Sawahlunto Efriyanto, di Sawahlunto, Jum'at mengatakan masyarakat penerima manfaat dari bantuan Atensi itu terdiri dari empat kategori.

"Dibagi dalam empat kategori, yaitu penyandang disabilitas dewasa sebanyak 106 orang dan penyandang disabilitas anak sebanyak 12 orang. Setelah itu lanjut usia (lansia) sebanyak 125 orang dan korban bencana sebanyak 31 orang," ujar dia merinci.

Untuk jenis bantuan yang disalurkan, disampaikan Efriyanto yaitu nutrisi anak, nutrisi lansia, perlengkapan sekolah, perlengkapan ibadah, sembako dan alat bantu disabilitas.

"Untuk alat bantu disabilitas ini antara lain ada alat bantu dengar, kursi roda anak, kursi roda 3 in 1, kursi roda standar, penyanggah leher, tongkat adaptif, walker, kruk, tongkat ketiak, tongkat kaki 3 dan lain-lain," ujarnya merinci.

Penyerahan bantuan Atensi itu secara simbolis dilaksanakan pada Jum'at (02/12) oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di Muaro Kalaban, yang disaksikan pejabat fungsional penyuluh sosial dari Kemensos.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih kepada Kemensos atas bantuan Atensi yang diberikan pada masyarakat Sawahlunto itu.

"Ini bantuan yang sangat bermanfaat untuk meringankan masyarakat kami dalam memenuhi kebutuhan dalam kondisi keterbatasan pada mereka. Terima kasih Kemensos," kata dia.

Ia menyebut Pemkot Sawahlunto juga memiliki bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat, namun tentu sesuai dengan kondisi APBD sehingga memang belum bisa dalam waktu singkat langsung mengakomodasi seluruh warga yang mempunyai hak untuk dibantu.

"Ini sinergi yang sangat bagus. Bantuan dari Kemensos menyempurnakan bansos dari APBD Sawahlunto, sehingga semakin banyak warga yang bisa memperoleh bantuan," kata dia.

Wali Kota Deri merinci bantuan dari Pemkot Sawahlunto itu yakni pemberian akses pelayanan pendidikan dan kesehatan dasar, bantuan biaya berobat, penyediaan makanan bagi penyandang disabilitas, lansia dan non produktif, pemberian layanan kedaruratan dan penyediaan makanan bagi korban bencana.

"Bansos ini wujud keberpihakan dan komitmen pada masyarakat yang membutuhkan. Juga realisasi dari misi Pemkot Sawahlunto nomor delapan yaitu penanganan khusus terhadap kelompok marginal seperti lansia, penyandang disabilitas, gangguan jiwa dan kelompok marginal lainnya," ujar dia menjelaskan.

Kepala Bidang Sosial DinsosPMDPPA Yosrizal mengatakan jumlah bantuan Atensi Kemensos untuk Sawahlunto pada tahun ini mengalami peningkatan daripada tahun lalu.

"Bantuannya bertambah tahun ini. Tercatat pada 2021 itu senilai Rp87.721.000,-, sementara untuk 2022 ini naik menjadi Rp605 juta," kata dia.

Sehingga jumlah masyarakat penerima manfaat dari bantuan Atensi itu yang pada 2021 hanya 50 orang, naik menjadi 274 orang pada 2022 ini.