Pemkab Agam salurkan bantuan bagi warga terisolasi dampak banjir

id Pemkab Agam,BPBD Agam,Banjir Agam,bantuan bahan kebutuhan pokok ke warga agam

Pemkab Agam salurkan bantuan bagi warga terisolasi dampak banjir

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Ichwan Pratama Danda menyalurkan bantuan bahan kebutuhan pokok ke warga, Kamis (17/11). (Antara/HO-Dok BPBD Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyalurkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok bagi 300 warga Jorong Subang-Subang, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara yang terisolasi dampak dari banjir mengenangi ruas jalan utama menuju daerah itu, Kamis (17/11).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Ichwan Pratama Danda di Lubukbasung, Kamis, mengatakan bantuan itu berupa makanan siap saji sebanyak 10 dus, telur 15 papan dan beras 150 kilogram.

"Bantuan itu kita antarkan ke lokasi menggunakan perahu dan langsung diserahkan secara simbolis," katanya.

Ia menambahkan, bantuan tersebut berasal dari BPBD Agam dan Dinas Sosial setempat.

Bantuan itu untuk 77 kepala keluarga atau 300 jiwa yang terdampak akses jalan menuju daerah itu tidak bisa dilewati kendaraan setelah banjir setinggi 1-1,5 meter.

Ini akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu semenjak beberapa hari terakhir.

"Akses jalan digenangi banjir akibat curah hujan cukup tinggi, sehingga kendaraan tidak bisa melewati daerah itu," katanya.

Ia menambahkan, bantuan itu sebagai kebutuhan harian mereka untuk beberapa hari kedepan.

Ia berharap banjir mengenangi ruas jalan bisa surut segera mungkin, sehingga warga bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

"Mudah-mudahan air bisa surut segera mungkin, sehingga akses transportasi kembali normal," katanya.

Ia mengakui, sejumlah daerah di Agam dilanda tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya akibat curah hujan tinggi beberapa hari terakhir.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu dan kerugian masih dalam pendataan pihak terkait.