Sumbar targetkan duduk di lima besar dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional

id POMNAS,Sumbar,UNP,Padang

Sumbar targetkan duduk di lima besar dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri memimpin jumpa pers POMNAS 2022 (ANTARA/HO UNP)

Padang (ANTARA) - Kontingen Sumatera Barat menargetkan kontingen mereka meraih peringkat lima besar di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang digelar di Kota Padang Sumbar pada 17-26 November 2022.

Sekretaris POMNAS Sumbar Asep Sujaya Wahyuri di Padang, Rabu mengatakan dalam pelaksanaan POMNAS, Sumbar belum pernah masuk peringkat 10 besar.

"Kita koordinasi dengan rektor perguruan tinggi dan sepakat menargetkan duduk di peringkat lima besar," katanya.

Menurut dia sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kali ini, Sumbar menargetkan masuk dalam peringkat lima besar dalam gelaran pertandingan olahraga antar mahasiswa nasional ini.

Dalam ajang ini Sumbar menurunkan 209 atlet yang akan turun di 14 cabang olahraga dan persiapan dalam memilih atlet juga dilakukan secara berjenjang dan objektif.

"Di ajang sebelumnya pemilihan atlet ini dilakukan kampus saja namun untuk saat ini kita telah gelar Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) dan yang turun di ajang ini mereka yang terbaik di pekan olahraga provinsi yang digelar pada Mei 2022," lata dia.

Ia memprediksi cabang olahraga yang mampu menghasilkan medali emas bagi Sumbar di ajang POMNAS 2022 ini dari cabang beladiri dan cabang olahraga terukur.

"Kita proyeksikan dari tarung derajat, taekwondo, karate, pencak silat. Untuk cabang olahraga terukur di cabang atletik," kata dia.

Selain itu dari cabang lain juga memprediksi dapat memberikan medali bagi Sumatera Barat dan pihaknya berharap atlet Sumbar mampu memberikan penampilan terbaik untuk mengharumkan nama Sumbar di ajang nasional ini.

Sebelumnya Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2022 ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yakni bulu tangkis, panjat tebing, pentaque, tenis, sepak takraw, pencak silat, atletik, pentaque, tenis, bola voli, basket, futsal, tarung derajat, karate dan taekwondo.

Untuk lokasi pertandingan digelar di tiga PTN di Kota Padang yakni Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas dan Politeknik ATI Padang.