Bantu nelayan, Pemkab Pesisir Selatan kucurkan Rp1,1 miliar

id alat tangkap, mesin tempel, nelayan

Bantu nelayan, Pemkab Pesisir Selatan kucurkan Rp1,1 miliar

Pemkab Pessel melalui Dinas Perikanan dan Pangan bantu kelompok nelayan mesin tempel, diserahlan langsungoleh Bupati Rusma Yul Anwar.(ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus berupaya mendukung para nelayan untuk kelengkapan melaut, salah satunya dengan mengucurkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk pengadaan puluhan bantuan mesin tempel nelayan pada tahun anggaran 2022.

"Pengadaan bantuan mesin, guna mendukung alat nelayan dalam melaut," kata Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Pessel, Firdaus di Painan, Kamis (27/10).

Pengadakan sebanyak 20 unit mesin tempel dengan spek 40 PK yang diperuntukan bagi nelayan.

Penyaluran bantuan kepada nelayan sesuai dengan hasil verifikasi yang telah dilakukan Dinas Perikanan dan Pangan Pesisir Selatan.

"Sebanyak 20 mesin tempel tersebut diserahkan kepada satu Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang tersebar pada tiga kecamatan di daerah itu," ungkapnya.

KUB penerima mesin tempel nelayan meliputi, Sutera 10 unit untuk tiga KUB, Lengayang tujuh unit untuk lima KUB dan Linggo Sari Baganti tiga unit untuk tiga KUB, jelas Firdaus.

Ia mengatakan, masih ada sebagian nelayan melaut dengan cara tradisional, sehingga dengan pengadaan mesin tempel untuk nelayan tersebut merupakan bagian dari motorisasi alat tangkap.

Dengan bantuan mesin tersebut nelayan bisa memanfaatkan untuk menangkap ikan dengan hasil maksimal, dan diharapkan bisa menjaga sebagai bantuan negara.

"Nelayan yang masih pakai cara tradisional ke laut, supaya lebih lancar dalam menangkap ikan maka harus lebih modern,"ujarnya.*