Bangga punya Pabrik Pakan Ikan, Sabar AS targetkan bisa penuhi kebutuhan petani

id Bupati Pasaman, Sabar AS, Pabrik Pakan Ikan pasaman,berita pasaman,berita sumbar

Bangga punya Pabrik Pakan Ikan, Sabar AS targetkan bisa penuhi kebutuhan petani

Bupati Pasaman, Sabar AS didampingi kepala Dinas Perikanan dan Pangan, M. Dwi Richie saat mengunjungi pabrik pakan ikan di Rao Selatan (Ist)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS bersama rombongan SKPD setempat mengunjungi Pabrik pakan ikan Unit Produksi Pakan Ikan (UPPI) Pasaman yang berada di Kecamatan Rao Selatan, Kamis.

Kunjungan dilaksanakan sehubungan dengan pemetaan wilayah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Pihak Bupati beserta jajaran diterima oleh Kadiv. Pakan BPBAT SG, Bapak Yudho Adhitomo, A.Pi, M.P. Turut hadir Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kab. Pasaman, Dwi Richie, S.Pi, M.Si., Camat Rao Selatan, dan Plt. Wali Nagari Lansek Kadok Barat.

Bupati Pasaman, Sabar AS sangat bangga akhirnya daerah itu yang notabene daerah potensi ikan tawar memiliki Pabrik pakan ikan yang di bangun tahun 2022 melalui APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Tentunya dengan berdirinya pabrik pakan ikan ini menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Pasaman khususnya para Petani Ikan. Kebutuhan masyarakat kita satu persatu sudah terjawab dan tersedia," ungkap Sabar AS.

Sabar AS menyampaikan dengan berdirinya pabrik pakan ikan ini, dapat mengurangi biaya produksi para petani ikan di daerah setempat.

"Khususnya para petani ikan serta mendapatkan pakan ikan yang berkualitas dan terjangkau oleh kalangan masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan pabrik pakan ikan yang di bangun tahun 2022 melalui APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dengan kapasitas produksi 1 ton/jam.

"Saat ini sudah running test sejak Februari 2023 lalu. Selanjutnya beroperasi secara maksimal awal tahun 2024 ini. Makanya kita lakukan pengecekan kondisinya saat ini," katanya.

Sabar AS mengakui dengan kondisi saat ini, Pabrik pakan ini baru bisa memenuhi 10 persen dari jumlah kebutuhan Pakan Ikan di Pasaman.

"Kedepan akan kita tingkatkan agar semua kebutuhan petani ikan terpenuhi. Kita juga akan meminta dukungan Kementerian KKP agar produksi pabrik ditingkatkan," katanya.

Pihaknya berharap dengan hadirnya pabrik pakan ikan di Pasaman dapat menambah vallue added atau nilai tambah Pembudidaya ikan dan mengurangi ongkos produksi.