Pj Wali Kota Payakumbuh: Harga kebutuhan pokok sudah mulai stabil

id Pj Wali Kota Payakumbuh,Berita Payakumbuh,Berita sumbar,Harga kebutuhan pokok payakumbuh,pasar Tradisional Ibuh.

Pj Wali Kota Payakumbuh: Harga kebutuhan pokok sudah mulai stabil

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda bersama TPID meninjau langsung harga kebutuhan pokok di pasar Tradisional Ibuh. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda yang meninjau langsung harga kebutuhan pokok di pasar Tradisional Ibuh mengungkapkan bahwa harga kebutuhan pokok di daerah tersebut sudah mulai stabil.

Rida di Payakumbuh, Selasa, mengatakan meski telah mulai stabil, sejumlah kebutuhan pokok khususnya cabai dan bawang sebelumnya sempat mengalami kenaikan.

"Alhamdulillah, harga-harga sudah mulai turun. Pertama yang membuat inflasi paling tinggi itu cabai sama bawang, hari ini harganya mulai stabil," katanya.

Pj Wali Kota Payakumbuh turun bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Payakumbuh ke pasar Tradisional Ibuh untuk memantau lima komoditi pokok utama yaitu cabe, bawang, beras, daging dan telur.

Saat ini harga daging sapi berada di angka Rp135 ribu per kilogram, telur ayam Rp24.800 per kilogram, cabe merah keriting Rp60 ribu per kilogram, harga bawang merah Rp35 ribu per kilogram, dan beras Rp15.500 per kilogram.

Khusus untuk beras mengalami kenaikan Rp500 per kilogram setelah sebelumnya hanya dijual Rp15 ribu per kilogram

Ia mengatakan untuk mengendalikan harga Pemkot Payakumbuh intens melakukan monitoring ketersediaan bahan pokok.

"Sebab, jika bahan pokok mengalami kelangkaan, maka dapat berdampak pada kenaikan harga. Kita bersama dinas terkait selalu monitoring terus, untuk menjaga kestabilan harga pangan pokok ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota juga mendengar keluhan dari pedagang daging sapi yang jual belinya menurun disebabkan isu penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

"Mekanisme pemotongan hewan di Payakumbuh ini telah melalui proses pengecekan dan telah diuji terlebih dahulu. Sehingga daging sapi yang dijual di pasaran itu aman dan sehat untuk dikonsumsi," kata dia.

Dia berharap dari hasil tinjauan tersebut laju inflasi di Kota Payakumbuh tetap terkendali dan daya beli masyarakat dapat meningkat.