Wali kota : Program KTP-el gratis mudahkan lulusan SMK cari kerja

id KTP-el gratis, padang, hendri septa

Wali kota : Program KTP-el gratis mudahkan lulusan SMK cari kerja

Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan KTP-el kepada siswa SMKN 2 Padang. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut program kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang dilaksanakan pemerintah daerah memudahkan lulusan SMK untuk mencari pekerjaan.

"Lulusan SMK memang dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Dengan adanya KTP-el akan lebih memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan," katanya di Padang, Sumatera Barat, Senin.

Ia mengatakan hal itu saat menyerahkan KTP-el kepada pelajar yang sudah berusia di atas 17 tahun di SMKN 2 Padang.

"Saya berdoa semoga pelajar SMKN 2 Padang dapat menjadi lulusan pilihan dan diterima di dunia kerja. Saya sudah melihat langsung di lapangan banyak yang diterima di dunia kerja, seperti di perhotelan dan informasi teknologi (IT)," katanya.

Ia mengingatkan seluruh siswa SMKN 2 Padang mulai dari awal menyusun rencana masa depan, mulai dari keseriusan dalam belajar dan arah yang dituju setelah tamat sekolah.

"Bagi yang berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi harus sudah siap dengan kemampuan akademik untuk bersaing dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Bagi yang bertujuan untuk langsung bekerja harus mempersiapkan hard skill dan soft skill sehingga bisa langsung diterima di dunia kerja," katanya.

Kepala SMKN 2 Padang Sahfalefi mengapresiasi program pembagian KTP-el oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Menurut dia, program itu dapat memudahkan pelajar yang lulus sekolah untuk mencari kerja.

"Salah satu kendala siswa kita ketika tamat sekolah dalam mencari kerja adalah tidak adanya KTP-el. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah menginisiasi program ini. Siswa-siswi kami sangat terbantu," katanya.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Padang, Hendri Septa menyerahkan KPT-el gratis kepada 39 siswa SMKN 2 Padang.